©shutterstock

Siapa Bilang Menangis Tidak Ada Manfaatnya?

Menangis bisa berarti banyak hal. Namun tak sedikit orang yang merasa kalau menangis itu tak ada gunanya. Padahal aktivitas emosional ini punya banyak manfaat bagus untuk kesehatan lho. Apa saja itu? Yuk cari tahu!

Membantu Penglihatan

Air mata yang keluar sangat menangis akan membuat penglihatan jadi lebih jelas. Kelembapan mata juga lebih terjaga sehingga mencegah mata kering. Writes Bergman, kontributor situs kesehatan answeringenesis.org, mengatakan, “Tanpa air mata, hidup akan terasa tidak nyaman. Dan dalam jangka panjang penglihatan akan buram, bahkan hilang sama sekali.”

Menangis Adalah Ungkapan Perasaan

Terkadang, kata-kata saja tidak cukup untuk mengungkapkan perasaan. Ada beberapa hal yang tidak bisa dikatakan namun bisa dipahami lewat tindakan, seperti menangis. Setiap orang pasti memiliki alasan sendiri kenapa melakukannya. Bisa karena sedih, sakit hati, kecewa, kesal, ungkapan rasa syukur, hingga bahagia. Lewat menangis, beban yang selama terasa berat akan berkurang dan badan jadi lebih rileks.

Menangis Menurunkan Stress

Setelah menangis, biasanya badan terasa ringan seperti tidak ada beban sama sekali. Hal in terjadi kerena air mata yang keluar saat menangis akan membantu mengusir stress yang Anda rasakan. Write Bergman mengatakan kalau sampai Anda menahan air mata ketika akan keluar, stres dalam tubuh tidak akan mereda, tapi justru semakin parah. Tekanan darah juga ikut terganggu bahkan bisa merambah ke jantung. Jadi ketika Anda benar-benar lelah akan sesuatu, tidak ada salahnya untuk menangis hingga semuanya terasa lega.

Membunuh Bakteri

Air mata mengandung lisozim, yaitu cairan yang memiliki kemampuan hebat dalam mengusir bakteri dan virus di mata. Dalam waktu 5-10 menit saja, air mata bisa menghilangkan kotoran tadi dan membuat mata kembali bening.

Menangis kelihatannya memang sepele. Tapi di balik itu semua tersimpan manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan. Jangan sesekali menahannya, karena bisa mengakibatkan badan lelah serta mood jadi buruk. Kalau malu menangis di depan umum, Anda bisa melakukan siasat seperti segera pergi ke tempat sepi atau semacamnya. Semoga informasinya bisa membantu ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait