@shutterstock

Siapa Bilang Tak Ada Sayuran dan Buah-buahan Sumber Protein?

Berbicara tentang protein sebagian besar orang mungkin akan mengarah ke sumber makanan hewani. Benar saja, daging, ayam, ikan dan telur merupakan kelompok makanan yang banyak kandungan proteinnya. Zat gizi ini dibutuhkan untuk menunjang pembentukan energi dan otot dalam tubuh. Meski begitu, protein ternyata juga dapat ditemukan dalam makanan yang bersumber dari tanaman. Apalagi kalau bukan sayuran dan buah-buahan. Nah, apa saja sumber protein nabati tersebut?

Kedelai
Tak menyangka bukan? Kedelai merupakan sumber protein nabati yang sangat bagus. Danna Biala, ahli gizi sekaligus Biokimia dari Columbia University menjelaskan protein dalam kedelai adalah sumber terbaik asam amino bagi tubuh. Semangkuk kedelai masak dapat menyumbangkan protein sebanyak 29 gram. Saat dibuat menjadi tahu kandungan protein kedelai ini akan menurun menjadi 11 gram per buah.

Kacang merah
Selain kedelai, sayuran yang banyak kandungan proteinnya adalah kacang merah. Sebanyak 250 gram kacang merah dapat menyumbangkan protein sebanyak 19 gram. Jumlah tersebut sudah termasuk dengan kandungan lisin dan isoleusin, yaitu asam amino yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil. Hal ini sesuai dengan penjelasan Danna Biala.

Brokoli
Setelah kacang-kacangan, ada juga sayuran hijau yang ternyata banyak kandungan proteinnya. Sayuran ini adalah brokoli. Menurut Danna, 34 persen kandungan nutrisi brokoli terdiri dari protein. Satu sajian brokoli yang matang bisa menghasilkan protein sebanyak 4,6 gram. Jumlah ini lebih banyak dari kandungan protein bunga kol masak sebanyak 3 gram.

Stroberi
Di samping sayuran, sumber protein nabati juga dapat ditemukan dalam buah-buahan. Stroberi merupakan salah satu buah-buahan yang kaya akan protein. Buah stroberi segar dapat menyumbangkan kebutuhan protein harian sebanyak 7,5 persen. Persentase ini sedikit lebih besar dari jumlah protein jeruk, melon dan pisang yang masing-masing sebesar 7,2 persen, 6,4 persen dan 5,1 persen dari konsumsi harian.

Tunggu apa lagi, segera masukkan sayuran dan buah-buahan kaya protein nabati ini dalam menu harian si kecil dan keluarga ya.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait