Solusi Tepat Atasi Rewel Si Kecil Saat Tumbuh Gigi

Bagi Ibu, melihat setiap perkembangan tumbuh kembang si kecil merupakan pengalaman yang sangat berharga sekaligus menyenangkan. Tapi tahukah Ibu, bahwa ada kalanya si kecil mengalami kendala dalam salah satu tahap tumbuh kembangnya, misalnya pada saat pertumbuhan gigi anak.

Pada saat pertumbuhan gigi anak yang pertama, seringkali si kecil mengalami rasa tidak nyaman dan merasa kesakitan akibat nyeri pada gusi. Maka tak heran jika mengakibatkan si kecil rewel bahkan terjadi gangguan kesehatan. Namun, Ibu tak perlu khawatir, karena pertumbuhan gigi anak bukanlah merupakan sebuah penyakit. Ada berbagai solusi yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang dirasakan bayi saat pertumbuhan gigi anak. Solusi berikut ini juga merupakan stimulasi yang tepat untuk mendukung pertumbuhan gigi anak agar berkembang dengan optimal.

 

Memijat gusi

Cukup pijat gusi dengan cara menekannya secara lembut dan perlahan. Tekanan ringan dengan memijat ini bertujuan agar bayi merasa lebih nyaman dan mengatasi rasa gatal pada gusinya. Sebelum memijat gusi si kecil, Ibu harus pastikan bahwa tangan dan jari-jemari Ibu telah benar-benar bersih dan steril.

 

Berikan mainan teether

Teether menjadi pilihan yang aman dan efektif untuk mengurangi rasa nyeri saat tumbuh gigi. Dengan menggigit-gigit sesuatu, bayi merasa nyaman. Selain itu, teether juga berfungsi sebagai stimulasi untuk perkembangan pertumbuhan gigi si kecil.  Bentuknya yang mudah digenggam juga dapat melatih keterampilan motorik halus bayi.

Berbagai pilihan produk teether tersedia di pasar, namun Ibu harus memilih teether yang tepat untuk si kecil. Perhatikan fungsi dan fitur dari setiap teether lalu sesuaikan dengan usia si kecil. Pilih teether yang terbuat dari lateks dan berisi gel, karena akan terasa lebih dingin. Sebaiknya hindari teether yang mengandung cairan, karena jika robek atau bocor akan berbahaya jika cairannya tertelan oleh bayi. Setelah digunakan, jangan lupa cuci teether dengan sabun pembersih, lalu simpan dalam wadah yang bersih, agar terjaga kehigienisannya.

 

Dinginkan teether

Untuk mengurangi rasa nyeri pada gusi si kecil, Ibu juga bisa mendinginkan teether terlebih dahulu di dalam kulkas. Namun perlu diingat ya Bu, hindari meletakkan teether di dalam freezer agar tidak membahayakan gusi bayi.  Mainan yang beku dapat merusak gusi bayi dan membuatnya tambah sakit karena keras.

 

Camilan dingin

Bayi yang sedang tumbuh gigi senang menggigit sesuatu yang dingin, karena rasa dingin dapat mengurangi rasa sakit pada gusinya. Jika usia bayi sudah di atas 6 bulan dan sudah mendapatkan MPASI, lebih baik Ibu berikan camilan berupa finger food, yang mudah digenggam si kecil.

Daripada si kecil memasukkan benda-benda yang belum tentu bersih, memberikan makanan camilan dingin untuk bayi yang sedang tumbuh gigi akan menjadi salah satu cara sempurna untuk mengobati sakit karena tumbuh gigi. Buah atau sayuran yang dingin dapat menjadi pilihan yang tepat untuk digenggam dan digigit bayi. Pastikan memberinya makanan dingin, bukan makanan beku yang terasa keras bagi bayi. Sebaiknya hindari memberikan makanan yang mengandung gula, seperti cokelat atau untuk menghindari kerusakan gigi. Jangan lupa dampingi bayi saat mengonsumsi makanan untuk mengurangi risiko tersedak.

 

Berikan handuk dingin

Selain teether, Anda dapat menggunakan kain flannel atau handuk bersih yang didinginkan. Bayi tumbuh gigi sangat senang menggigit handuk atau kain, karena kain bersifat fleksibel dan dapat mengikuti rongga mulutnya. Pilihlah handuk yang bulunya kuat dan pendek, supaya tidak termakan bayi.

 

Konsultasikan ke dokter

Jika si kecil sangat rewel, sering menangis, bahkan hingga demam, sebaiknya Ibu konsultasikan dengan dokter. Jangan memberikan obat-obatan yang dijual bebas tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. 

Share artikel ini:

Artikel Terkait