@shutterstock

Sst, Banyak Makan Durian Ada Dampaknya Lho

Siapa sih yang tidak meneteskan air liur saat mencium aroma durian? Buah yang terkenal dengan nama King of Fruit ini mampu membuat para pecintanya lupa daratan saat memakannya. Selain rasanya yang enak, durian memiliki banyak nutrisi dan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dalam satu penyajian sebanyak 100 gram, durian memberikan 147 kalori dan 3,8 gram serat yang memenuhi 15% kebutuhan yang direkomendasikan per hari. Akan tetapi memakan durian terlalu banyak punya dampak buruk bagi tubuh, terutama untuk Ibu dan anak-anak.

Tinggi Gula

Satu porsi atau setara 100 gram durian matang akan memberikan 27,09 gram karbohidrat yang disumbang oleh gula sederhana yang mudah diserap tubuh. Menurut dokter anak Carla White Holder, MD dalam situs Kid’s Health menyatakan bahwa gula sederhana dapat membuat rasa lapar lebih cepat datang ketimbang mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti roti gandum atau oatmeal. Selain itu durian menyebabkan kadar gula darah meningkat lebih cepat sehingga meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes dan jantung.

Kaya Lemak

Menurut dokter anak Mary L. Gavin, MD, dari situs Kid’s Health, anak-anak hanya membutuhkan lemak sebesar 30% dari kebutuhan kalori per hari. Misalnya tubuh memerlukan 2000 kalori per hari, maka si Kecil butuh 660 kalori dari asupan lemak. Dalam 100 gram durian terdapat total lemak 5,3 gram atau setara 8% dari kebutuhan per hari yang direkomendasikan. Walau kebanyakan mengandung asam tak jenuh tunggal, batasi konsumsi durian agar tidak melebih kalori yang dibutuhkan tubuh. Jika tidak diimbangi oleh olahraga, akan berisiko mengalami obesitas dan penyakit kronis seperti diabetes dan gangguan gantung.

Meningkatkan Suhu Tubuh

Durian dianggap sebagai buah yang dapat meningkatkan panas tubuh. Jika dimakan secara berlebihan akan menyebabkan kembung, gangguan pencernaan, dan panas pada ulu hati, sebagai efek kerja keras tubuh mencerna kadar lemak dan gula yang tinggi di durian, demikian pernyataan yang diambil dari situs Healthxchange, Singapura.

Mabuk Durian

Ada mitos yang mengatakan terlalu banyak memakan durian dapat menyebabkan mabuk. Menurut Lindsay Gasik dan Robert Cuclasure, penulis Durian and Alcohol: A Deadly Mix?, durian mengandung komponen sulfur yang disebut  diethyl disulfide yang dapat menghambat metabolisme gula, sehingga jika bertemu dengan asam akan menyebabkan terbentuknya alkohol dan memberikan efek mirip mabuk, seperti pusing, lemas, dan suhu badan meningkat.

Durian adalah buah yang sangat bergizi, akan tetapi batasi konsumsinya 2-3 biji per hari untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Share artikel ini:

Artikel Terkait