@shutterstock

Strategi Turunkan Suhu Tubuh Si Kecil Saat Demam

Sedih rasanya saat harus melihat si kecil terbaring sakit karena demam. Padahal sebelumnya dia begitu ceria dan gembira, setelah bermain hujan-hujanan tiba-tiba dia mengeluh tubuhnya meriang dan demam. Menyesalinya atau bahkan memarahi anak tentunya bukanlah hal yang tepat. Sebaiknya segera mencari cara agar demam si kecil berangsur-angsur turun. Bila Anda bingung dengan caranya, ulasan berikut  ini bisa jadi solusinya.

Segera ketahui suhu tubuh anak
Langkah pertama yang perlu Anda lakukan, yaitu memastikan suhu tubuh si kecil saat demam. Ambil termometer dan letakkan di bagian ketiak. Jika ada termometer oral, langsung minta si kecil untuk mengulumnya sebentar. Sara Ipatenco, ahli kesehatan dari Amerika, menambahkan, lakukan hal ini selama 5 menit atau sampai termometer berhenti menunjukkan suhu tubuh maksimal. Bila masih menggunakan termometer manual maka tunggulah sampai raksa benar-benar berhenti naik sesuai dengan suhu tertinggi tubuh.

Bacalah dengan benar
Jika sudah mengukur suhu tubuh anak, catat hasil pengukuran suhu tubuh si kecil. Menurut Sara, suhu tubuh dikatakan tak normal jika menunjukkan angka di atas 38 derajat Celcius dengan menggunakan termometer yang diletakkan di ketiak. Sementara pengukuran suhu tubuh dengan menggunakan termometer oral dikatakan tidak normal jika menunjukkan angka 37 derajat Celcius. Perbedaan ini disebabkan termometer oral bisa langsung menunjukkan suhu tubuh karena dikulum dalam mulut.

Pertolongan pertama
Sebelum membawanya ke dokter akan lebih baik jika memberikan pertolongan pertama, minimal untuk menurunkan suhu tubuhnya. Apabila suhu tubuh si kecil ternyata tak sampai di atas angka 37-38 derajat Celcius usai  dilakukan pengukuran dengan termometer, maka cukup berikan obat penurun demam, yaitu acetaminophen di atas 3 bulan dan ibuprofen untuk anak di atas 6 bulan. Bacalah dosis penggunaan sesuai label instruksi. Hal ini sesuai dengan penjelasan Sara Ipatenco.

Jangan lupa kompres dan air putih
Lebih lanjut Sara menuturkan selain dengan memberikan obat untuk pertolongan pertama, kompres bagian kepala dan ketiak si kecil guna mempercepat pemulihan suhu tubuhnya. Jangan lupa memberikan minum air putih yang hangat secara berkala agar si kecil tak sampai dehidrasi. Suhu tubuh yang meningkat akan membuat tubuh menjadi lebih panas dan membuat cairan dalam tubuh mudah berkurang. Anda bisa menambahkan sedikit gula pada airnya sebagai penambah energi agar kondisi si kecil berangsur-angsur membaik

Cek kembali dengan termometer untuk memastikan penurunan suhu tubuhnya. Apabila pertolongan pertama belum memberikan hasil yang baik, segera bawa si kecil ke dokter agar bisa memperoleh perawatan yang intensif.
 

Share artikel ini:

Artikel Terkait