Sudah Rutinkah Si Kecil Periksa Gigi?

Kesehatan gigi menjadi hal yang paling vital bagi anak-anak. Apalagi, jika si kecil sangat suka dengan makanan manis dan dia kurang rutin menggosok giginya, maka Anda harus benar-benar memperhatikannya. Selain dengan mengajarkan si kecil agar lebih rutin menggosok gigi, Anda juga harus mengajaknya pergi ke dokter. Paling tidak, setiap tiga bulan sekali. Dengan cara ini, kesehatan gigi si kecil lebih mudah dipastikan karena dokter rutin memeriksanya.

Menurut Dr. Handrawan Nadesul, gigi anak-anak memang bukan gigi sempurna, sehingga masih bisa mengalami proses pertumbuhan lebih lanjut. Meski begitu, perawatan gigi harus tetap dilakukan agar tetap sehat hingga gigi permanennya tumbuh. Banyak perawatan yang bisa diterapkan, yang pertama tentu saja adalah menggosok gigi. Kegiatan ini perlu dibiasakan sejak dini agar anak terbiasa melakukannya.

Cobalah mengajari si kecil tentang menggosok gigi yang benar. Lakukan kegiatan menggosok gigi ini sesudah makan. Hal ini ditujukan, agar sisa makanan yang tersangkut pada gigi bisa terangkat dan gigi kembali bersih usai makan. Lakukan dengan gerakan vertikal dan horizontal. Biasanya, anak-anak lebih sering melakukannya dengan cara horizontal.

Cara menggosok gigi yang seperti itu kurang maksimal, terutama untuk membersihkan beberapa makanan yang terselip dalam gigi. Ajari buah hati Anda untuk menggosok gigi dengan cara vertikal juga. Lewat kombinasi kedua cara menggosok gigi ini, gigi si kecil menjadi lebih bersih dan sehat. Cara perawatan berikutnya adalah periksa kesehatan gigi. Pergi ke dokter gigi tidak harus menunggu sakit terlebih dahulu. Justru yang lebih baik ketika gigi si kecil dalam keadaan sehat.

Walaupun terlihat sehat, gigi sebenarnya masih memiliki potensi untuk mengalami lubang. Sehingga, jika dokter bisa menemukan lubang tersebut akan segera menambalnya tentu akan lebih baik. Penambalan gigi ini akan mudah jika gigi si kecil bersih dan sehat, karena proses tambalan akan membuat gigi si kecil lebih kuat hingga beberapa waktu ke depan. Sebaliknya, jika giginya sudah rusak maupun keropos, akan lebih lama untuk memulihkannya. Itulah pentingnya, pemeriksaan gigi pada anak secara rutin.

Share artikel ini:

Artikel Terkait