©shutterstock

Supaya si Kecil Lancar Buang Air Besar

Anak-anak sering mengalami susah buang air besar. Kalau sudah begini, pasti si kecil bawaannya rewel dan mengeluh sepanjang hari karena perutnya sakit. Biasanya masalah ini terjadi akibat si kecil kekurangan serat dan suka jajan sembarangan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengikuti beberapa metode berikut ini.

Makan Banyak Serat

Ketika si kecil mengeluh kesulitan buang air besar, segera penuhi kebutuhan seratnya. Menurut Dr. John Marshall, seorang profesor kedokteran di MacMaster University, dalam sehari setidaknya si kecil membutuhkan 20-50 gram serat untuk membuat pencernaannya stabil. Anda bisa memberikan si kecil beberapa potong pepaya atau alpukat untuk mengatasi sembelit yang dia rasakan.

Jadwal Makan Teratur

Makan yang tidak teratur bisa menjadi salah satu penyebab si kecil susah buang air besar. Oleh karena itu, yuk atur kembali jadwal makannya. Jika perlu, majukan jadwal sarapan lebih awal supaya si kecil punya waktu untuk ke kamar mandi sebelum berangkat sekolah. Cara ini juga bagus untuk menjaga pola makan sehingga asupan nutrisinya tetap terjaga.

Rajin Minum Air Putih

Anak-anak memang tidak begitu suka minum air putih. Namun, sebagai orang tua Anda harus menganjurkannya untuk rajin mengonsumsi minuman yang satu ini. Air putih sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuhnya dan juga membuat si kecil selalu bugar setiap hari. Di samping itu, rajin minum air putih akan membantu meningkatkan kerja pencernaan sehingga si kecil lancar buang air besar.

Olahraga Teratur

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang menyehatkan. Setiap hari, yuk aja si kecil joging keliling kompleks. Bisa juga dengan mengajaknya latihan lompat tali atau jalan-jalan. Hal ini akan membantu mencegah sembelit dan membuatnya lancar buang air besar.

Sembelit tidak hanya menyerang orang dewasa, tapi juga anak-anak. Oleh karena itu, ajari buah hati Anda gaya hidup sehat agar badannya selalu bugar dan bebas dari risiko berbagai penyakit. Kalau bukan Anda dan merawatnya, siapa lagi? Semoga informasinya bermanfaat ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait