@shutterstock

Tahapan Tumbuh Kembang Gigi Anak

Duh…lucunya melihat si Kecil yang tertawa lepas dengan giginya yang lucu-lucu. Gigi si kecil memang kerap menjadi sorotan tertawa. Sebagian orang malah mengira karena gigi-gigi susunya itu yang membuat si kecil begitu menggemaskan saat tertawa. Apapun alasannya yang terpenting giginya tetap tumbuh dengan sehat sampai muncul gigi permanen.

Dalam prosesnya pertumbuhan gigi pada anak-anak memang tumbuh bertahap. Secara lebih lengkap simak proses sebagai berikut.

Di mulai dari gigi susu

Sebelum tumbuh gigi primer yang lebih lengkap, tumbuh terlebih dulu gigi susu pada mulut si Kecil. Gigi-gigi ini akan mulai tumbuh saat si kecil memasuki usia 6 sampai 12 bulan. Masing-masing anak memiliki pertumbuhan gigi susu yang berbeda. Biasanya anak perempuan akan memiliki gigi susu lebih cepat daripada anak laki-laki.

Komposisi gigi susu

Gigi susu pada si kecil juga tak langsung tumbuh secara lengkap. Mula-mula dari bagian tengah. Lebih tepatnya tumbuh di bagian depan pada rahang bagian bawah. Gigi ini biasa dikenal sebagai gigi seri tengah. Kemudian diikuti dengan gigi seri kedua di sebelahnya yang dikenal dengan gigi insisivus sentralis kedua.

Pada tahapan berikutnya akan muncul empat gigi seri yang tumbuh di rahang atas. Berlanjut ke empat gigi geraham pertama yang ada di rongga atas dan bawah baik sebelah kiri maupun kanan. Di depan gigi geraham juga mulai tumbuh gigi seri lateral atau yang berada di sebelah kiri dan kanan rongga mulut.

Seiring dengan tahapan usianya, si kecil mulai mengenal makanan padat. Setelah munculnya gigi seri dan gigi geraham yang lebih tumpul, dalam rongga mulut si kecil akan tumbuh cuspids atau gigi taring yang memiliki bentuk lebih runcing. Memasuki usia dua tahun, empat gigi geraham kedua mulai tumbuh. Gigi geraham inilah yang menjadi bagian dari gigi susu yang terakhir tumbuh. Semuanya berjumlah 20 gigi.

Menjadi gigi permanen

Satu sampai dua bulan sejak gigi susu terakhir si kecil tumbuh akan mulai muncul gigi baru yang merupakan rangkaian pertumbuhan gigi permanen. Ini mengingat rahang si kecil semakin membesar sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya. Beberapa gigi susu akan mulai tanggal dan berganti menjadi gigi permanen hingga berjumlah lengkap sebanyak 32. Jumlah gigi yang juga ditemukan pada rahang orang dewasa.

Selama proses pertumbuhan gigi ini jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi si kecil dengan menyikat gigi secara rutin dan membawanya ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.

Share artikel ini:

Artikel Terkait