Tips Mengatasi Biang Keringat si Kecil

Tak Perlu Lama Atasi Biang Keringat

Biang keringat merupakan salah satu masalah kulit yang sering terjadi pada si kecil. Gejala awalnya bisa dilihat dari bintik-bintik merah halus yang muncul kulit sekitar wajah, leher, punggung, dada, dan paha. Kalau terpapar  sinar matahari langsung terasa gatal dan sangat mengganggu.

Untuk mengobati biang keringat, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan, seperti berikut ini:

Bedak Gatal

Di apotek banyak dijual bedak gatal untuk bayi yang bisa membantu menyembuhkan biang keringat. Aplikasikan bedak ini ke bagian kulit si kecil yang terkena biang keringat untuk meredakan rasa gatalnya.  Lakukan secara rutin supaya biang keringat sembuh dalam waktu singkat.

Es Batu

Suhu yang panas dan lembab juga bisa memicu timbulnya biang keringat. Untuk mengatasi masalah ini, oleskan es batu ke bagian kulit yang mengalaminya. Cara ini akan membantu mengurangi peradangan dan menghentikan gatal yang terjadi.

Kombinasi Bubuk Cendana dan Ketumbar

Biasanya ketumbar dimanfaatkan sebagai penyedap masakan dan cendana sering diolah menjadi parfum. Tapi tunggu dulu, ternyata kombinasi kedua bahan ini bisa dipakai untuk mengusir biang keringat yang menyerang si kecil lho. Campurkan dua sendok makan bubuk cendana dan bubuk ketumbar. Tuang 2-3 sendok makan air mawar lalu aduk-aduk hingga berubah menjadi pasta. Oleskan ke bagian yang kena biang keringat dan tunggu sampai kering. Kalau sudah, bilas dengan air dingin hingga tidak ada lagi yang tertinggal. Cara sederhana ini akan membantu mengurangi rasa gatal dan menyembuhkan biang keringat dalam waktu yang cukup singkat.

Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini punya banyak manfaat bagus, salah satunya mencegah peradangan. Ketika si kecil mengalami biang keringat, oleskan gel lidah buaya ke kulit yang mengalami masalah tersebut. Tunggu selama beberapa menit baru setelahnya bilas sampai bersih. Sensasi dingin dari gel lidah buaya akan mengurangi rasa gatal dan mengusir biang keringat dalam sekejap saja.

Mudah bukan? Sehat itu bisa didapatkan dari mana saja, termasuk lewat bahan-bahan rumahan. Namun  kalau biang keringat tidak kunjung sembuh, segera hubungi dokter agar si kecil mendapatkan penanganan lebih lanjut. Semoga informasinya bisa membantu ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait