@shutterstock

Tanda Konsumsi Gula Berlebihan Pada Anak

Gula memang sudah melekat pada anak-anak. Kebanyakan makanan favorit si kecil tinggi akan gula mulai dari permen, es krim, puding, dan masih banyak lagi. Sebenarnya, minum soda ataupun makan permen setelah makan akan membuat tubuh cepat merasa lelah, untuk itu sebaiknya mulai kurangi konsumsi gula harian si kecil sebelum berubah menjadi hal yang serius. Ada banyak tanda yang bisa Anda cermati ketika si kecil terlalu banyak mengonsumsi gula. Perhatikan perubahan kebiasaannya seperti:

Sering Buang Air Kecil
Makan banyak gula akan membuat anak-anak buang air kecil lebih sering dari biasanya. Tubuh, terutama ginjal, tahu kapan mereka memiliki sesuatu yang berlebihan termasuk gula. Ginjal akan bekerja lebih keras dari biasanya untuk menyaring gula dalam sistem pencernaan dan menjadikannya sebagai urine.

Dehidrasi
Konsumsi gula yang berlebih akan menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Karena ginjal mendeteksi kelebihan gula dan menghasilkan banyak urine dari biasanya, anak-anak akan merasa cepat haus. Ketika tubuh kehilangan banyak cairan, wajar bila tubuh ingin menggantikan cairan tersebut sehingga membuat si kecil lebih banyak minum.

Kelelahan
Banyak orang berpikir bahwa mengonsumsi gula tambahan akan memberi mereka energi lebih banyak. Tapi , sebenarnya hal itu akan membuat tubuh mengalami kelelahan. Ketika mengonsumsi banyak gula , tubuh tidak bisa mencerna gula secara benar sehingga gula yang masuk tidak akan memberikan tubuh energi dan membuat anak-anak cepat merasa lelah.

Berat Badan Turun
Mengonsumsi gula terlalu banyak akan meningkatkan risiko terkena diabetes. Makan banyak gula akan menyebabkan pankreas tidak bisa menghasilkan insulin yang cukup untuk memproses gula yang masuk, sehingga tubuh kehilangan kemampuannya untuk menggunakan insulin secara efektif. Ironisnya, diabetes akan membuat berat badan turun secara drastis. Diabetes membuat tubuh memakan semua protein dan lemak jaringan sebagai pengganti dari gula agar tubuh mendapatkan energi.

Makanan untuk si kecil harus benar-benar diperhatikan niali gizinya. Jangan memberikan mereka makanan atau minuman yang mengandung banyak gula karena gula tidak bisa mencukupi nutrisi untuk si kecil. Tentu saja, Anda pasti tidak ingin anak-anak mengalami gangguan kesehatan yang bisa menghambat aktivitas bermainnya. Untuk itu, yuk mulai tanamkan kebiasaan hidup sehat mulai sekarang.

Share artikel ini:

Artikel Terkait