©shutterstock

Tangan si Kecil Kok Sering Berkeringat?

Udara yang panas membuat banyak orang berkeringat, termasuk si Kecil. Mulai dari dahi, leher, lengan, hingga tangan semuanya basah akibat keringat yang mengucur derasnya. Namun kalau udara diluar baik-baik saja tapi si Kecil sedang berkeringat di telapak tangannya, apakah itu normal?

Menurut WebMD, kelebihan keringat ini biasa disebut dengan hiperhidrosis. Seseorang yang mengalami gangguan ini akan berkeringat sekalipun berada di dalam ruangan ber-AC. Tapi tenang, gangguan ini tidak berhaya. Namun Anda harus selalu membawakan si Kecil supaya tangan untuk mengelap tangannya yang gampang basah.

Ada dua jenis hiperhidrosis, yang pertama adalah hiperhidrosis primer. Biasanya keringat berlebihan akan muncul di tangan, wajah, ketiak, dan kaki, tanpa alasan yang jelas. Menurut kontributor WebMD, Melinda Ratini, DO, MS, umumnya hal ini disebabkan karena faktor keturunan. Jadi kalau tangan si kecil suka berkeringat, jangan terburu-buru berpikiran negatif ya!

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi malah hiperhidrosis primer. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini ya.

Pakai Bedak Bayi

Bedak bayi yang lembut ternyata bisa digunakan untuk meredakan keringat di tangan si Kecil. Butiran halusnya akan menyerap keringat dan menjaga tangan si Kecil tetap kering. Cukup taburkan bedak di tangan lalu gosok hingga melapisi seluruh permukaannya. Selain bedak bayi, Anda juga bisa menggunakan baking soda atau tepung jagung. Caranya sama saja dengan saat pakai bedak bayi.

Tangan Harus Selalu Dalam Kondisi Dingin

Suhu tangan yang terlalu panas bisa mangakibatkan tangan si kecil gampang berkeringat. Oleh karena itu, Anda harus menjaganya gara selalu dalam kondisi sejuk. Caranya basuh tangan si kecil dengan air dingin, diamkan sebentar lalu keringkan dengan saputangan. Jika sedang di rumah Anda bisa meletakkan tangan si kecil yang habis dicuci dengan air dingin ke depan kipas angin untuk membuat suhunya kembali normal.

Jenis hiperhidrosis yang kedua adalah hiperhidrosis sekunder, biasanya terjadi di bagian selain tangan, wajah, ketiak dan kaki. Penyebabnya bisa karena obesitas, diabetes, ataupun infeksi. Untuk penanganannya, segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Tangan si kecil yang berkeringat bukanlah masalah yang perlu yang diperdebatkan karena bisa diatasi dengan cara-cara tadi. Semoga informasinya bisa membantu ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait