©shutterstock

Udang Panggang, Berapa sih Nilai Gizinya

Udang termasuk makanan laut paling populer yang punya banyak fans setia. Selain rasanya yang lezat, kandungan lemak dan kalori yang rendah biasanya dimanfaatkan bagi orang-orang yang sedang menjalani program hidup sehat. Udang sering dimasukkan dalam salad, pasta, sup, dan hidangan tumis.

Untuk menambah kandungan protein dalam pola makan si Kecil, Ibu dapat memperkenalkannya dengan menu udang panggang. Selain lebih praktis, proses memanggangnya pun lebih sehat ketimbang menggoreng, karena tidak menggunakan banyak minyak.

Apa saja ya kandungan gizi yang bisa didapat dari seporsi udang panggang? Simak jawabannya berikut ini ya.

Kalori

Dalam satu porsi atau yang setara dengan 8 udang panggang seberat 45 gram, akan memberikan sekitar 44-52 kalori. Jumlahnya yang sedikit disebabkan oleh kadar karbohidrat dan lemak yang terkandung di dalamnya hanya kurang dari 1 gram per penyajian. U.S. Department of Agriculture menyarankan orang dewasa memakan 8 ons makanan laut, seperti udang, per minggu.

Protein dan Asam Amino

Dari 8 ekor udang panggang, Anda bisa mendapatkan 10-10,5 gram protein. Kandungannya yang cukup tinggi punya manfaat untuk menunjang tumbuh kembang si Kecil, dengan membangun jaringan dan sel-sel tubuh, membentuk otot-otot, sekaligus menjaganya dari kerusakan. Udang juga merupakan sumber asam amino triptofan esensial yang penting untuk menjaga pola tidur yang seimbang dan membantu menstabilkan suasana hati, dengan mempengaruhi neurotransmitter di otak, menurut Psychology Today.

Lemak Jenuh dan Kolesterol

Walau udang terkenal tinggi kadar kolesterolnya, bukan berarti harus dihindari lho Bu. Satu porsi yang terdiri dari 8 udang panggang mengandung sekitar 83-93 mg kolesterol, lebih dari seperempat dari 300mg yang dibutuhkan setiap hari. Tapi kolesterol bukanlah hal yang harus dipermasalahkan, melainkan jika memiliki banyak lemak jenuh dalam pola makan Anda, demikian pernyataan yang dirilis Dietary Guidelines for American 2010. Udang yang secara alami rendah kadar lemak jenuhnya hanya memberikan kurang dari 0,3 mg atau 2% dari kebutuhan yang direkomendasikan.

Pertimbangkan Proses Memanggangnya

Biasanya dalam proses pemanggangan, minyak sayur digunakan untuk mencegah udang lengket pada panggangan. Padahal 1 sendok makan minyak sayur memiliki 14 gram lemak dan 125 kalori. Ganti dengan minyak zaitun yang kaya lemak tak jenuh tunggal maupun ganda untuk alternatif yang lebih sehat. Hilangkan juga mentega atau ganti dengan jenis rendah lemak, misalnya yang terbuat dari biji bunga matahari.

Tunggu apalagi Bu, segera masukkan udang panggang ke dalam pola makan sekeluarga ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait