©shutterstock

Usir Lemak Secepat Kilat Lewat Makanan Sehat

Berbicara makanan sehat memang tak lepas kaitannya dengan sumber makanan yang bergizi tinggi. Nutrisi yang melimpah dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat. Jika tidak tubuh hanya akan menerima asupan kalori berlebihan yang bisa menimbulkan banyaknya lemak dalam tubuh. Untungnya ada beberapa makanan yang ternyata dapat membantu menguraikan lemak tersebut. Apa saja itu?

Gandum
Makanan pertama yang bisa membantu menguraikan lemak adalah gandum. Amy Goodson, RD, nutrisionis dari Texas Health Ben Hogan Sport Medicine, menyebutkan bahwa gandum memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat memiliki peranan yang bagus untuk menguraikan lemak dalam tubuh dan mengoptimalkan penyerapan nutrisi yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh untuk terus berkembang.

Daging tanpa lemak
Selain dengan serat, lemak juga bisa teruraikan dengan bantuan protein. Amy Goodson menyebut daging tanpa lemak memiliki kandungan protein yang melimpah. Protein ini dapat membantu pembakaran kalori hingga 30 persen selama proses pencernaan berlangsung. Daging bebas lemak banyak ditemukan pada bagian dada, khususnya pada unggas seperti ayam.

Keju rendah lemak
Menurut Amy, keju rendah lemak mengandung kalsium dan vitamin D yang cukup melimpah. Kedua nutrisi ini dapat membantu pembentukan otot tubuh agar lebih maksimal. Bagi anak-anak, kalsium dan vitamin D dibutuhkan untuk melancarkan proses tumbuh kembang mereka. Hal yang paling penting dari kedua zat gizi ini adalah mendongkrak proses metabolisme hingga bisa meluruhkan lemak ada dalam tubuh.

Teh hijau
Meski bukan termasuk makanan, teh hijau merupakan salah satu sajian yang baik untuk meluruhkan lemak dalam tubuh. Minum empat cangkir teh hijau setiap hari dapat membantu menurunkan lemak tubuh sampai 2 kilogram dalam 8 minggu. Hal tersebut sesuai dengan hasil penelitian yang dilansir dalam American Journal of Clinical Nutrition. Teh hijau dapat membantu meningkatkan proses metabolisme. Hasil yang diperoleh akan lebih efektif jika diimbangi dengan olahraga secara rutin.

Tunggu apalagi segera sajikan hidangan sehat ini setiap hari. Jika bisa mengsuir lemak dengan langkah muda, kenapa mesti nyari yang susah?

Share artikel ini:

Artikel Terkait