Waspada dan Kenali Gejala ISPA Pada Balita

Infeksi Saluran Pernapasan Atas atau ISPA adalah infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan atas seperti hidung, paru-paru dan tenggorokan. ISPA bisa menyerang siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Infeksi ini seringkali tidak dianggap serius karena gejalanya mirip flu biasa. Padahal, bila tidak ditangani cepat infeksi bisa meluas hingga ke seluruh saluran pernapasan. ISPA pada balita lebih berbahaya, karena mudah menular terutama bila si kecil memiliki kekebalan tubuh yang lemah. Untuk menghindari hal tersebut, kenali gejala awal ISPA pada balita agar bisa ditangani lebih awal, berikut ulasannya.

1. Pilek

Gejala ISPA pada balita salah satunya adalah sering pilek. Ini karena virus telah berkembang di saluran pernapasan, dan dari hidung keluar lendir untuk mengeluarkan semua virus tersebut. Namun banyak orangtua yang mengira ini adalah pilek biasa. Konsultasikan ke dokter bila pilek berlangsung dalam waktu lama.

2. Batuk

Saat virus atau bakteri masuk ke dalam paru-paru, tubuh akan bereaksi melalui batuk untuk memberikan perlawanan terhadap virus yang bisa menyebabkan infeksi tersebut. Pada penderita ISPA, batuk menjadi pertanda bahwa infeksi telah menyebar ke paru-paru, baik batuk kering maupun batuk berdahak.

3. Sakit Tenggorokan

Setelah beberapa hari virus masuk ke saluran pernapasan, biasanya akan muncul sakit tenggorokan. Radang tenggorokan akibat ISPA menyebabkan penderita lemah, karena sulit untuk menelan makanan dan minuman.

4. Badan Lelah

Si kecil mendadak enggan beraktifitas dan selalu terlihat lemah? Bisa jadi ia terkena ISPA, terutama bila dibarengi dengan gejala-gejala yang telah disebutkan sebelumnya. Tubuh si kecil menjadi mudah lelah dan lemas karena menerima dampak dari infeksi.

5. Demam

Reaksi umum lain ISPA pada balita adalah demam hingga tubuh menggigil. Tubuh tidak nyaman, ditambah lagi batuk-batuk, radang tenggorokan dan hidung tersumbat. Bila sudah mencapai tahap ini, segera bawa si kecil ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif.

Share artikel ini:

Artikel Terkait