©shutterstock

Waspada Si Kecil Alami Kekurangan Zat Besi

Kebutuhan nutrisi dalam tubuh memang perlu diperhatikan secara intens. Zat gizi tersebut dibutuhkan  untuk menjalankan semua sistem yang ada dalam tubuh. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa Anda perlu makan setiap hari. Tak semua zat gizi bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh, sehingga perlu ditunjang dari beragam makanan. Salah satu sumber gizi yang penting untuk dikonsumsi setiap hari adalah zat besi. Nutrisi ini diperlukan untuk mendukung proses pembentukan sel darah merah.

 

Meski begitu, masih banyak yang kurang memperhatikan asupan zat besi ini sehingga kerap memunculkan beragam gangguan tubuh yang ditandai dengan gejala berikut ini.

 

Mudah Lelah

Si kecil tiba-tiba merasa lelah atau bahkan sering mengeluh cepat lelah? Bisa jadi hal tersebut menjadi tanda anak kekurangan asupan zat besi. American Society of Hermatology (ASH) menyebutkan bila kelelahan yang mudah terjadi menjadi salah satu tanda kekurangan zat besi yang perlu diwaspadai. Sayuran seperti bayam dan kale merupakan sumber makanan yang kurang diminati anak-anak, sehingga mudah sekali menyebabkan kekurangan zat besi.

 

Kulit Pucat

Di samping bisa menyebabkan cepat merasa lelah, tanda lain yang ditunjukkan oleh tubuh akibat kekurangan zat besi adalah kulit  tubuh yang pucat. Menurut laporan ASH, zat besi berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan energi dalam tubuh. Tanpa suplai yang cukup akan zat besi, tubuh menjadi kurang berenergi dan mendapatkan banyak oksigen sehingga tampak lebih pucat.

 

Pusing

Tanda lain dari kekurangan zat besi menurut ASH adalah menyebabkan pusing. Produksi sel darah yang terhambat menyebabkan tubuh kekurangan suplai sel darah merah yang cukup. Padahal peran zat besi di sini penting sekali untuk membantu memproduksi sel darah merah. Akibatnya, tubuh kekurangan nutrisi dan oksigen yang biasa dibawa oleh sel darah merah, sehingga menyebabkan pusing.

 

Anemia

Lebih lanjut laporan ASH menjelaskan tentang dampak lebih lanjut dari kurangnya asupan zat besi adalah menyebabkan anemia. Penyakit ini terjadi karena tubuh kekurangan banyak sel darah merah, sehingga tak bisa berjalan normal seperti biasanya. Metabolisme tak berjalan dengan baik, sehingga orang yang anemia tampak lemas karena tubuhnya kurang asupan gizi dan energi.

 

Kacang merah, daging dan sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam merupakan sumber zat besi yang baik. Sajikan makanan ini dalam menu harian si kecil dan keluarga, sehingga mereka bisa tetap beraktivitas dengan tubuh yang sehat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait