6 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Secara Alami

Mengalami mual-mual di awal kehamilan merupakan hal yang wajar. Bila mengalami mual dan muntah dalam tahap wajar, tidak perlu khawatir akan keselamatan dan kesehatan janin di kandungan.

Mual-mual biasanya terjadi karena adanya perubahan hormon dalam tubuh atau sensitifitas terhadap bau-bauan tertentu. Apapun itu, mual-mual saat hamil merupakan cara tubuh untuk mengingatkan Ibu agar menyesuaikan aktivitasnya sesuai dengan perkembangan janin.

Bagaimana cara mengatasi mual secara alami pada saat hamil? Berikut diataranya:

1. Cukup Istirahat

Mual-mual bisa juga disebabkan karena kelelahan. Aktivitas Ibu saat hamil tentunya harus berubah, berbeda dengan saat sebelum hamil. Cara mengatasi mual saat hamil karena kelelahan adalah dengan banyak beristirahat dan kurangi aktivitas. Terutama di awal-awal kehamilan, Ibu sangat butuh lebih banyak istirahat dari biasanya.

2. Konsumsi Makanan/Minuman Dingin

Cara mengatasi mual saat hamil salah satunya adalah mengonsumsi makanan atau minuman dingin. Makanan atau minuman dingin bisa meringankan mual karena aromanya tidak terlalu kuat, bila dibandingkan dengan makanan/minuman yang panas atau hangat.

3. Jahe

Mengonsumsi jahe merupakan salah satu cara mengatasi mual saat hamil. Bisa dengan mengonsumsi permen jahe, atau mencampur susu hangat dengan jahe untuk membuat perut terasa lebih lega dan meredakan mual-mual.

4. Olahraga Ringan

Saat hamil, Ibu memang harus banyak beristirahat. Namun disarankan untuk tetap berolahraga, tentunya olahraga ringan. Yang penting, kebugaran tubuh dan stamina tetap terjaga, misalnya berjalan kaki keliling kompleks atau yoga di rumah. Aktivitas ringan ini bisa jadi cara mengatasi mual saat hamil, karena mengurangi stress yang menjadi salah satu penyebab mual-mual saat hamil.

5. Konsumsi Banyak Buah-Buahan

Buah-buahan segar bisa jadi pencegah atau meredakan mual saat hamil. Terutama, buah-buahan yang mengandung banyak antioksidan dan vitamin seperti apel, jeruk, dan mangga. Ada beberapa buah yang perlu dihindari ibu hamil, diantaranya nanas, pepaya muda, durian, dan delima karena bisa menyebabkan panas pada tubuh dan janin.

6. Atur Pola Makan

Selain aktifitas, pola makan saat hamil juga berubah. Untuk mengurangi mual, saat hamil sebaiknya makan dalam jumlah yang lebih sedikit namun lebih sering. Jangan lupa untuk banyak minum agar ibu hamil tidak mudah terserang dehidrasi. Apalagi bila sering mual atau muntah, cairan tubuh yang hilang harus segera diganti.

Bila mual dan muntah saat hamil frekuensinya jadi lebih sering, maka segera periksakan ke dokter. Bisa jadi hal tersebut merupakan pertanda adanya gangguan kehamilan. Selain itu, bila terlalu sering mual atau muntah maka Ibu akan kehilangan berat badan dan cairan tubuh sehingga perlu ditangani lebih lanjut.

Share artikel ini:

Artikel Terkait