7 Tanda Kehamilan Sehat yang Perlu Ibu Ketahui

Kesehatan ibu dan janin dalam kandungan memang harus selalu dijaga. Namun apakah Ibu hamil mampu mengenali tanda kehamilan yang sehat? Terdapat beberapa macam tanda kehamilan yang perlu Ibu ketahui untuk menunjukkan bahwa janin Ibu dalam keadaan normal dan sehat. Tentunya tanda-tanda kehamilan tersebut dapat mudah Ibu ketahui sendiri, dengan begitu kesehatan kehamilan pun dapat Ibu jaga dan pantau terus hingga nanti proses persalinan tiba. Karena itu, penting bagi Ibu untuk mengetahui apa saja sesungguhnya tanda-tanda kehamilan sehat. Mari baca selengkapnya.

1. Naiknya berat  badan
Tanda kehamilan pertama dan terpenting Ibu adalah berat badan yang naik secara bertahap. Sesuai rekomendasi dokter, ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan sekitar 12 sampai 15 kg selama masa kehamilan.

2. Tekanan darah
Tekanan darah dalam batas normal merupakan tanda kehamilan Ibu yang baik dan dalam keadaan baik-baik saja. Namun jika, tekanan darah Ibu tinggi, maka harus waspada karena dapat menyebabkan banyak komplikasi pada kehamilan dan persalinan nantinya.

3. Kadar gula darah
Selama kehamilan, produksi insulin akan meningkat, yang menyebabkan pengaturan gula darah memburuk. Peningkatan gula darah yang tinggi ini menggambarkan kondisi yang disebut diabetes kehamilan (gestational diabetes), yang nantinya akan mengkibatkan proses kelahiran sulit. Maka dari itu, Ibu hamil harus melakukan pemeriksaan gula darah secara rutin untuk memastikan kadar gula dalam batas normal dan tidak melonjak terlalu tinggi.

Baca Juga: Tes Kesehatan Yang Wajib Untuk Ibu

4. Payudara mengencang
Salah satu tanda kehamilan adalah payudara yang menjadi kencang dan padat, tanda bahwa payudara mulai memproduksi ASI. Hal ini juga menandakan bahwa kehamilan berjalan lancar.

5. Gerakkan Janin
Memasuki bulan keempat dan kelima, Ibu hamil akan merasakan gerakan bayi. Jika Ibu merasa bayi Anda bergerak secara berkala, itu adalah tanda bahwa semuanya dalam keadaan baik-baik saja. Maka nikmatilah setiap gerakannya. Namun, jika ibu merasa bayi belum bergerak dalam waktu yang sangat lama dan tidak aktif seperti biasanya, maka Ibu harus segera berkonsultasi dengan dokter.

6. Rahim dan Plasenta

Tanda kehamilan yang sehat terlihat dari kondisi plasenta dan rahim yang baik. Dalam kandungan, janin dilindungi oleh plasenta yang melekat di dinding rahim. Bila Ibu pernah memiliki masalah kesehatan yang berhubungan dengan rahim dapat berkonsultasi dengan dokter sebelum merencanakan kehamilan.

7. Perubahan Hormon

Saat hamil, Ibu mengalami perubahan secara fisik juga emosional. Ini disebabkan saat hamil terjadi perubahan hormon dalam tubuh. Kadar hormon progesteron pada wanita yang sedang hamil dapat meningkat hingga 400 mg.

Selain hormon progesteron, hormon lain yang juga meningkat dalam tubuh wanita hamil adalah hormon estrogen. Hormon ini sangat penting karena membentuk jaringan dan menampung janin dalam kandungan Ibu.

Itulah berbagai tanda kehamilan yang sehat. Jika ada yang tidak beres pada tubuh, sebaiknya Ibu segera hubungi dokter.

Share artikel ini:

Artikel Terkait