Buah-Buahan Ini Baik Dikonsumsi Selama Masa Kehamilan

Bagi Ibu, kehamilan adalah hal yang paling ditunggu-tunggu. Kehamilan menjadi masa paling penting sehingga membuat Ibu harus berhati-hati, baik dalam hal aktivitas maupun makanan. Oleh karena itu, tak jarang Ibu biasanya akan mengkonsumsi suplemen selama masa kehamilan untuk menunjang tubuh kembang janin.

Sebenarnya, asupan terbaik berasal dari sayur dan buah-buahan langsung. Dengan demikian, konsumilah buah yang bermanfaat selama kehamilan. Ibu pun bisa memberikan nutrisi untuk si kecil dalam kandungan melalui buah-buahan berikut :

Apel

Sama seperti buah lainnya. buah apel juga mampu mengatasi sembelit yang kerap terjadi ketika usia kandungan mulai besar. Hal ini dikarenakan buah apel kaya akan serat.

 Alpukat

Buah yang baik untuk penderita kolesterol ini juga sangat baik untuk ibu hamil. Selain memiliki kandungan asam folat, buah alpukat juga diperkaya dengan vitamin, seperti E dan K. Vitamin E selama kehamilan berfungsi untuk meningkatkan stamina serta menunjang sistem reproduksi yang sehat. Sedangkan vitamin K turut menjaga keadaan tubuh Ibu agar terhindar dari perdarahan.

 Jeruk

Buah yang satu ini mengandung vitamin C, asam folat dan juga serat. Serat di dalamnya membantu mengatasi konstipasi, yang umumnya sering menjadi keluhan para Ibu selama kehamilan. Sedangkan vitamin dan asam folat dalam buah jeruk berguna untuk membantu perkembangan otak dan sum-sum tulang belakang bayi.

Pisang

Buah lain yang memiliki manfaat banyak bagi Ibu hamil adalah pisang. Buah yang satu ini kaya akan kalori yang sangat mudah dicerna dan dirubah menjadi energi. Dalam pisang, Ibu pun dapat memperoleh asam folat yang berguna bagi perkembangan janin agar tidak lahir cacat.

Kurma

Tahukah Ibu mengenai manfaat kurma untuk ibu hamil? Walaupun terkenal sebagai panganan selama bulan Ramadhan, manfaat kurma untuk ibu hamil ternyata cukup banyak, lho. Buah kecil berwarna coklat yang rasanya manis ini dapat membantu pertumbuhan tulang karena adanya kandungan kalsium, fosfor, dan magnesium. Selanjutnya, manfaat kurma untuk ibu hamil lainnya adalah mampu mengatasi lemah, letih, stress dan pegal, yang berpotensi terjadi selama masa kehamilan. Selain buah-buahan di atas, penuhi juga asupan terbaik dari makanan dan minuman bergizi lainnya agar gizi Ibu dan si Kecil dapat terpenuhi.

Share artikel ini:

Artikel Terkait