Cepat Hamil dengan Kalkulator Masa Subur

Ibu, apakah si kecil sudah mendambakan kehadiran adik di tengah-tengah keluarga? Jika iya, menambah anak mungkin dapat menjadi bahan diskusi antara Ibu dan suami. Menambah momongan memang memerlukan perencanaan yang matang agar masa depan si kecil tetap terjamin.

Jika Ibu dan suami telah berkomitmen untuk memberikan adik bagi si kecil, hal yang wajib diketahui adalah masa subur Ibu. Pada dasarnya, Ibu dapat mengetahui kapan masa subur Ibu terjadi dengan menghitung periode haid.

Apakah Ibu sudah mengetahui istilah “ovulasi”? Ovulasi adalah proses yang terjadi setiap bulan pada perempuan ketika sel telur dilepaskan. Ovulasi juga merupakan bagian dari siklus haid. Kebanyakan perempuan akan mengalami ovulasi satu kali dalam sebulan. Masa ovulasi inilah yang juga disebut masa subur. 

Salah satu cara untuk mengetahui masa subur adalah dengan menggunakan kalkulator kesuburan. Kalkulator ini akan membantu Ibu menentukan waktu terjadinya pembuahan pada rahim yang paling pas sehingga dapat meningkatkan resiko terjadinya kehamilan. Kalkulator kesuburan ini dapat diakses oleh Ibu dengan berbagai cara. Untuk mengetahui periode masa subur, dua acara yang dapat dilakukan oleh Ibu di antaranya melalui aplikasi yang dapat diunduh pada ponsel pintar serta mengakses website kalkulator kesuburan, seperti http://www.babycenter.com/ovulation-calculator dan http://www.motherandbaby.co.uk/ovulation-calculator.

Pada saat mengakses kalkulator kesuburan ini, Ibu hanya cukup memasukkan beberapa informasi sederhana agar kalkulator dapat membantu perhitungan masa subur Ibu. Informasi yang diperlukan kalkulator adalah tanggal hari pertama pada periode terakhir haid yang Ibu alami. Kemudian, selain tanggal, durasi rata-rata siklus menstruasi Ibu juga menjadi bahan perhitungan pada kalkulator kesuburan.

Selain menggunakan kalkulator kesuburan agar Ibu cepat hamil, jangan lupa untuk mengganti gaya hidup menjadi lebih sehat. Makan makanan yang bergizi, menjauhi stress, menghindari rokok dan alkohol serta rajin berolahraga wajib dilakukan oleh Ibu pada saat merencanakan kehamilan. Dengan kondisi badan yang fit, kehamilan yang ibu dambakan pun akan lebih cepat terjadi. 

Share artikel ini:

Artikel Terkait