©shutterstock

Ibu Harus Selalu Sehat!

Pekerjaan rumah yang melelahkan, mengurus si Kecil yang tidak bisa diam, dan urusan rumah tangga lainnya yang harus diselesaikan bukanlah hal yang asing bagi para Ibu. Tapi banyaknya prioritas yang muncul dalam kehidupan berumah tangga jangan sampai membuat Anda lupa mengurus diri sendiri, terutama untuk menjaga kesehatan dengan makan makanan bergizi dan berolahraga.

Perhatikan Asupan Makanan

Terkadang sudah menjadi kebiasaan untuk menghabiskan makanan si Kecil yang masih tersisa karena takut menyia-nyiakan makanan. Sepertinya biasa saja ya, tapi pada kenyataannya hal tersebut tanpa disadari akan memasukkan kalori tambahan pada tubuh, dan secara perlahan menambah berat badan. Bedakan porsi makanan Anda dengan si Kecil serta pilihlah makanan yang tinggi protein dan serat untuk memberikan energi agar kuat beraktivitas sepanjang hari. Jika perlu, buatlah menu makanan selama seminggu untuk memudahkan mengecek kandungan nutrisi maupun kalori yang masuk dalam tubuh. Jangan lupa rutin konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Berolahraga

Olahraga dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh, sehingga tidak gampang tertular penyakit. Selain itu, aktivitas fisik juga membuat tubuh tetap fit dan menjaga bentuk badan. Tidak punya waktu khusus untuk berolahraga? Bisa kok menyisipkan beberapa gerakan fisik di sela-sela kesibukan, bahkan saat berada di lingkungan rumah. Berjalan adalah salah satu olahraga yang murah dan dapat dilakukan kapan saja. Ajak si Kecil pergi ke taman atau mengelilingi kompleks rumah untuk menghabiskan energinya sambil menanamkan kebiasaan pentingnya berolahraga bagi tubuh. Membersihkan rumah juga dapat menjadi sarana olahraga lho. Supaya tidak bosan dan merasa kelelahan, beri suntikan motivasi dengan menyalakan music yang rancak dan up-beat.

Kendalikan Stres

Memang dengan adanya rutinitas, tanggung jawab, dan pekerjaan yang sepertinya tidak pernah habis membuat stres mudah melanda. Hal ini mengakibatkan turunnya imunitas tubuh sehingga gampang terkena penyakit. Terkadang pergi sebentar dari pemicu stres dapat membantu memulihkan kesehatan. Rencanakanlah waktu untuk diri sendiri dan mintalah suami untuk menjaga si Kecil, sementara Anda dapat melakukan hobi atau bercengkrama dengan sahabat yang sudah lama tidak ditemui. Hal-hal sederhana ini dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks, sehingga timbul semangat baru untuk menjalani hari-hari berikutnya.

Menjadi seorang Ibu mungkin adalah pekerjaan terberat yang pernah dijalani, tapi tetap perlu memperhatikan diri sendiri, terutama yang menyangkut kesehatan ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait