Ketahui Jenis Kelamin Bayi dengan Perhatikan Ciri-Ciri Kehamilan Berikut Ini

Saat mengandung, tentu Ibu ingin sekali mengetahui jenis kelamin sang jabang bayi, apakah ia seorang laki-laki ataukah perempuan. Pemeriksaan USG pun dilakukan untuk membantu Ibu mengetahui jenis kelamin bayi. Namun terkadang, hasil pemeriksaan tersebut tidak akurat karena posisi bayi yang menutupi kelamin saat pemeriksaan USG.

Sebenarnya, Ibu bisa mengetahui jenis kelamin bayi dengan memperhatikan ciri-ciri hamil yang terjadi pada tubuh Ibu, seperti berikut ini.

 

Perhatikan hitungan detak jantung janin

Saat memeriksakan kandungan, Ibu bisa memperhatikan denyut jantung janin untuk bisa mengetahui jenis kelamin bayi. Perhatikan rata-rata denyut jantung pada alat doppler (pengukur denyut jantung), jika jumlah detak jantungnya lebih dari 140-160 kali per menit, maka ciri kehamilan tersebut bisa mengindikasikan Ibu mengandung seorang bayi perempuan. Namun jika denyut jantung kurang dari 140 kali per menit, maka bisa disinyalir bayi yang dikandung Ibu adalah seorang laki-laki.

 

Morning Sickness

Jika Ibu tidak mengalami gejala mual-mual pada awal kehamilan, maka bisa diindikasikan bahwa Ibu mengandung bayi laki-laki. Sedangkan jika Ibu mengalami mual-mual pada awal kehamilan dan terus berlanjut, biasanya ciri-ciri hamil ini menandakan bahwa Ibu mengandung bayi perempuan.

 

Bentuk Perut

Ciri-ciri hamil anak laki-laki dan perempuan juga dapat diprediksi dari bentuk perut Ibu. Saat hamil tua, jika bentuk perut yang  lancip dan condong maju ke depan, maka tanda bahwa Anda tengah mengandung bayi laki-laki. Sedangkan bentuk perut bulat rata dan melebar ke samping merupakan tanda bahwa jenis kelamin bayi Ibu adalah seorang perempuan.

 

Posisi Janin

Ciri-ciri hamil bayi laki-laki atau perempuan bisa dilihat dari posisi janin. Jika posisi janin berada di atas maka dapat diprediksi bahwa jenis kelamin bayi Ibu adalah seorang laki-laki. Sedangkan jika posisi janin berada di perut bagian bawah, maka jenis kelamin bayi diperkirakan adalah seorang perempuan.

 

Penampilan Ibu Hamil

Ciri-ciri hamil yang satu ini mungkin bisa terlihat jelas pada Ibu. Jika mengandung anak laki-laki, tak disadari penampilan Ibu berubah dan tidak memperhatikan penampilan. Sedangkan jika mengandung bayi perempuan, Ibu lebih memperhatikan penampilan dengan hobi berdandan dan bersolek.

 

Mengidam

Jika Ibu lebih menyukai makanan yang manis-manis seperti cokelat, permen, susu, eskrim, dan gula, maka bisa diindikasikan Ibu mengandung bayi perempuan. Sedangkan bayi laki-laki, Ibu akan cenderung menyukai makanan yang berasa pedas, asam, dan asin.

 

Mood Swing

Umumnya jika Ibu mengandung anak perempuan, Ibu akan lebih sering mengalami suasana perubahan hati yang ekstrem, seperti emosi hingga depresi. Sedangkan jika mengandung bayi laki-laki perubahan suasana hati tidak terjadi sesering dan seekstrem itu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait