©shutterstock

Kiat Pintar Menghindari Paronychia

Pernah mengalami nyeri yang amat sangat pada jempol kaki? Bisa jadi Anda cantengan. Gangguan kesehatan yang satu ini biasa menyerang kuku jempol kaki dan membuat tampilannya tak lagi cantik seperti sedia kala. Cantengan atau bahasa medisnya paronychia, perlu segera diobati karena kalau dibiarkan saja bisa menyebabkan infeksi hingga komplikasi.

Penyebab

Ada dua hal penyebab cantengan. Yang pertama adalah salah potong kuku. Ketika Anda memotong kuku melewati batas, akar kuku akan terdorong ke dalam sehingga melukai area di sekitarnya. Hal ini membuat kuku terasa nyeri dan sakit sekali saat dipakai berjalan menggunakan alas kaki tertutup.

Yang kedua adalah jamur. Kuku kaki kotor menyimpan banyak bekteri yang bisa menginfeksi bagian di bawah kuku. Saat kaki berkeringat, jamur dan bakteri tadi akan  berkembang biak di bagian bawah kuku sehingga menyebabkan infeksi, seperti yang diterangkan dalam situs kesehatan, Healthline.

Cara Mencegah Cantengan

Dilansir dari Mayo Clinic, ada banyak kebiasaan yang kalau diterapkan akan membantu mencegah cantengan. Beberapa di antaranya, bisa disimak dalam ulasan berikut ini.

Rajin Mencuci Kaki

Selain cuci tangan, Anda juga harus rajin cuci kaki untuk mencegah jamur bersarang di bawah kuku. Pastikan juga kuku kaki selalu pendek dan kering  agar terhindar dari cantengan.

Hati-Hati Saat Potong Kuku

Orang-orang tua jaman dulu selalu bilang kalau potong kuku di malam hari itu berbahaya. Cahaya remang-remang membuat Anda bisa melewati batas kuku ketika memotongnya. Hal ini bisa membuat jamur dan bakteri masuk dengan mudah ke kuku bagian dalam dan berkembang biak di sana. Oleh karena itu, jika ingin potong kuku lakukan di siang hari ketika cuaca sangat cerah.

Berhenti Pakai Cat Kuku

Kuku yang cantengan kadang tidak sedap dipandang. Ingin sekali menutupinya dengan cat kuku agar terlihat lebih cantik. Namun, jangan sampai melakukan hal ini ya! Justru saat kuku cantengan ia harus steril dari berbagai macam zat yang tidak penting. Lapisan cat kuku akan membuat kelembapan kuku bertambah sehingga cantengan makin sulit disembuhkan.

Pola hidup bersih akan melindungi Anda dari penyakit yang satu ini. Untuk itu yuk mulai ubah kebiasaan dan jadilah pribadi yang sehat luar dalam. Semoga informasinya bisa membantu ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait