©shutterstock

Kiat Sehat Bekerja Bagi Ibu Hamil

Kebanyakan perempuan karir yang sedang hamil masih dapat bekerja dengan baik. Tapi, memang ada beberapa kondisi kesehatan yang menyertai sehingga dapat mengganggu aktivitas di tempat kerja supaya tetap sehat dan produktif, simak kiat-kiat berikut ini ya.

Menghadapi Morning Sickness

Walau disebut morning sickness, mual selama kehamilan bisa terjadi kapan saja sepanjang hari, terutama saat trimester pertama. Anda dapat mencoba tips-tips yang diberikan para ahli di Mayo Clinic Organization. Tips tersebut seperti menghindari bau-bau yang dapat memicu mual dan menyediakan kudapan ringan rendah lemak. Bisa juga dengan makan 5-6 porsi kecil sepanjang hari, minum banyak cairan, dan banyak beristirahat. Konsumsi jahe atau teh jahe juga dipercaya dapat meringankan gejala mual menurut para ahli dari organisasi kesehatan terpercaya Amerika tersebut.

Kelelahan

Bunda mungkin merasa lebih lelah dari biasanya, terutama pada awal dan akhir kehamilan. Untuk melawan kelelahan dan membantu menjalani aktivitas sepanjang hari, March Of Dimes Foundation, punya beberapa cara seperti pergi tidur lebih awal agar mendapat lebih banyak waktu istirahat. Olahraga ringan yang disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan minum banyak cairan sepanjang hari juga baik untuk melawan kelelahan yang berlebihan saat beraktivitas. Selain itu, konsumsi makanan yang kaya akan zat besi dan protein dan sebisa mungkin menghindari situasi kerja yang memicu stres, menjadi cara lain yang disampaikan oleh organisasi dari AS yang bekerja meningkatkan kesehatan ibu dan bayi tersebut.

Bekerja di Lingkungan yang Beresiko

Ada beberapa lingkungan kerja yang berisiko membahayakan tumbuh kembang bayi yang sedang dikandung, misalnya berhadapan dengan bahan kimia berbahaya, seperti merkuri, larutan pembersih tertentu, pestisida, maupun radiasi. Melakukan kontak dengan hal-hal tersebut, tanpa adanya perlengkapan keselamatan yang memadai dapat menyebabkan cacat lahir atau keguguran. March Of Dimes Foundation, kembali menjelaskan bila mendorong untuk berbicara pada perusahaan untuk menjelaskan kondisi kesehatan yang sedang dialami dan meminta peralatan yang digunakan atau memindahkan ke area yang lebih aman. Ambil langkah-langkah ekstra untuk keamanan diri sendiri seperti rutin mencuci tangan, tidak memaksakan bekerja di lingkungan yang panas, atau membatasi melakukan aktivitas fisik berat.

Mengatasi Stres

Stres yang dialami di tempat kerja dapat menguras energi yang dibutuhkan untuk merawat diri sendiri dan bayi yang sedang dikandung. Untuk meminimalkan stres, Sandhya Pruthi, MD, Medical Director Mayo Clinic Organization, menyarankan untuk lebih selektif dalam melakukan pekerjaan misalnya dengan membuat jadwal kerja yang harus diselesaikan atau mendelegasikan beberapa pekerjaan pada orang lain. Bercerita pada rekan kerja, teman, dan keluarga, atau melakukan teknik pernafasan maupun yoga juga dapat membantu meringankan stres.

Walau sedang bekerja, Bunda yang sedang hamil juga harus memperhatikan kesehatan lho. Semoga tips-tips di atas dapat membantu ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait