vote

Madu untuk Ibu Hamil, Benarkah Aman?

Pada saat hamil, Ibu tentunya menjadi lebih protektif terhadap diri sendiri. Menjaga pola makan serta mengetahui kandungan gizi pada makanan perlu dilakukan agar si kecil mendapat asupan yang terbaik.

  • Rate Artikel ini

Ibu, memberikan madu kepada bayi merupakan hal yang tidak dianjurkan. Menurut The Centers for Disease Control, The American Association of Pediatrics, serta The National Honey Board menyatakan bahwa madu mengandung spora botulinum yang dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh anak dibawah 1 tahun, bahkan kematian. Kerusakan pada tubuh bayi tersebut disebabkan oleh sistem pencernaan bayi yang belum berkembang secara sempurna sehingga tidak dapat melawan adanya botulinum pada tubuh.

Berbeda dengan bayi, madu justru memiliki banyak manfaat bagi orang dewasa. Cairan yang umumnya terdiri dari fruktosa serta glukosa ini banyak memberikan manfaat bagi tubuh, seperti meningkatkan daya tahan, membantu mengatasi sakit tenggorokan dan juga menyembuhkan penyakit batuk. Lalu, bagaimana dengan  manfaat madu untuk ibu hamil? Apakah konsumsi madu pada saat hamil membahayakan janin?

Pada saat hamil, Ibu tentunya menjadi lebih protektif terhadap diri sendiri. Menjaga pola makan serta mengetahui kandungan gizi pada makanan perlu dilakukan agar si kecil mendapat asupan yang terbaik. Jika Ibu mempercayai manfaat madu untuk ibu hamil, seperti banyaknya kandungan vitamin dan mineral, namun takut untuk mengkonsumsinya pada saat hamil. Maka, Ibu perlu membaca ini.

Pada sebuah artikel dalam jurnal Canadian Family Physician menyatakan ibu hamil dapat mengonsumsi madu tanpa harus mengkhawatirkan kesehatan janin. Sistem pencernaan orang dewasa memiliki bakteri yang dapat melindungi tubuh dari botulinum. Botulinum yang masuk ke tubuh akan hilang saat mencapai usus Ibu sehingga ibu hamil dan janinnya tidak dapat terinfeksi oleh botulinum.

Jika berhadapan dengan pemilihan madu yang dipasteurisasi atau pun tidak, keduanya ternyata sama sama mengandung spora bakteri botulinum yang kemudian dapat dihancurkan oleh tubuh. Jadi, manfaat madu untuk ibu hamil tetap dapat dirasakan, terlebih apabila Ibu mengonsumsinya secara tidak berlebihan. Masih ragu mengenai pilihan madu? Ibu dapat meminta saran dari dokter kandungan terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

 

Artikel Terkait

Terbaru