Manfaat Bangun Pagi buat Kesehatan

Manfaat Bangun Pagi buat Kesehatan

Familiar dengan kalimat ‘not a morning person’? Istilah ini ditujukan untuk orang-orang yang kurang bersemangat bangun pagi sehingga menjalani sepanjang hari dengan mood yang kurang baik dan badan lemas. Padahal bangun pagi sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Apa saja ya manfaat membuka mata di pagi hari? simak penjelasannya berikut ini ya.

Mempunyai Pola Makan Sehat

Bangun lebih siang berisiko melewatkan sarapan yang penting sebagai bekal memulai hari. Padahal, tubuh perlu nutrisi di pagi hari untuk energi dan memusatkan perhatian. Mengonsumsi sarapan setiap hari dapat menciptakan kebiasaan makan yang sehat. Sebab, sarapan pagi membuat perut merasa kenyang sepanjang hari. Akibatnya, kita terhindar dari keinginan mengonsumsi makanan tinggi gula dan kalori. Menurut penelitian yang dilakukan Northwestern University pada 2011, orang-orang yang tidur lebih larut dan bangun lebih siang mengonsumsi lebih dari 248 kalori per hari atau dua kali lebih banyak makanan cepat saji. Mereka juga hanya melahap setengah porsi buah atau sayur dari jumlah yang direkomendasikan.

Baca juga: Nutrisi Berbagai Warna Buah dan Sayur-mayur

Memberikan Waktu untuk Berolahraga

Tidak ada yang salah dengan berolahraga di sore atau malam hari, setelah menyelesaikan aktivitas sepanjang hari. Namun, dengan meluangkan waktu di pagi hari untuk berolahraga, Ibu tidak membiarkan hari yang melelahkan menghalangi niat untuk melakukan aktivitas fisik. Para ahli di The American Council on Exercise menunjukkan bahwa olahraga ringan di pagi hari, seperti peregangan atau berjalan-jalan, dapat mendorong tingkat energi serta mencegah tubuh merasa cepat lelah.

Baca juga: 5 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh

Kebiasaan Tidur yang Baik

Manfaat bangun pagi lainnya adalah dapat membiasakan rutinitas tidur. Dan itu baik bagi kesehatan. Untuk bangun lebih awal, tentu saja harus pergi tidur lebih cepat. The National Sleep Foundation merekomendasikan orang dewasa untuk tidur 7-9 jam setiap malam untuk kesehatan mental. Otak membutuhkan istirahat untuk mempertahankan daya ingat. Selain itu, tidur cukup juga mempengaruhi produksi hormon, seperti menurunkan kadar hormon grehlin dan menaikkan hormon leptin yang mengatur nafsu makan.

Jauh dari Depresi

Menurut penelitian yang diterbitkan jurnal Emotion pada 2012, manfaat bangun pagi lainnya adalah orang merasa lebih bahagia dan berpikiran positif. Berbeda halnya dengan orang yang sering telat bangun. Bangun lebih awal berarti bisa meluangkan waktu untuk diri sendiri. Baik itu untuk berolahraga, sarapan, atau menikmati waktu lebih banyak bersama keluarga.

Baca juga: Ternyata Depresi Bisa Dikenali Tanda-tandanya

Bangun pagi adalah cara menjaga kesehatan tubuh yang paling mudah dilakukan, namun manfaat bangun pagi lebih banyak dari berbagai tips menjaga kesehatan yang dapat diterapkan. Contohnya Ibu dapat merasakan udara pagi dan sinar matahari yang baik bagi tubuh. Yuk mulai bangun pagi!

Share artikel ini:

Artikel Terkait