Manfaat Puasa Saat Hamil Muda

Puasa saat hamil muda seringkali dikhawatirkan dapat membahayakan kesehatan Ibu dan janin yang sedang dikandung. Memang puasa membutuhkan banyak tenaga, dan di siang hari Ibu tidak memiliki kesempatan untuk memberi asupan gizi dan nutrisi tinggi bagi janin yang dikandungnya.

Tapi ternyata, puasa saat hamil muda memiliki banyak manfaat bagi Ibu dan janin yang dikandung. Tentunya, asal Ibu tetap menjaga kesehatan dan konsultasikan pada dokter kandungan bahwa Ibu dalam kondisi yang fit untuk menjalankan puasa saat hamil muda. Di bawah ini beberapa manfaat puasa saat hamil muda:

Mencegah Penyakit

Menurut penelitian dari Medical Journal of Islamic Academy of Sciences (2012), berpuasa dapat mencegah penyakit. Banyak penyakit yang timbul karena pola makan yang berlebihan. Dengan berpuasa, pola makan bisa diatur sehingga bisa mencegah penyakit timbul.

Membersihkan Tubuh dari Racun

Salah satu manfaat puasa juga untuk membersihkan tubuh dari racun-racun. Puasa adalah proses detoksifikasi alami. Puasa saat hamil muda bisa jadi kesempatan bagi Ibu untuk membersihkan tubuh dari racun-racun yang menjadi sumber penyakit.

Menambah Kekebalan Tubuh

Saat puasa, tubuh mendapat kesempatan untuk beristirahat. Pada masa ini, sel-sel darah putih akan berkembang. Sel darah putih berfungsi ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sel darah putih juga mengurangi resiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Puasa saat hamil muda bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar kalori lebih efektif. Bila sebelumnya Ibu memiliki sistem pencernaan yang kurang baik, dengan berpuasa hal ini bisa diperbaiki.

Meningkatkan Fungsi Otak

Ternyata, puasa saat hamil juga dapat meningkatkan fungsi otak janin. Saat puasa, tubuh memproduksi protein yang dapat memicu kerja otak yaitu brain-derived neurotrophic factor (BDNF.) BDNF mengaktifkan sel-sel otak ke neuron yang baru dan memicu hormon-hormon laoin yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Share artikel ini:

Artikel Terkait