Pentingnya Mengetahui Masa Subur Sebelum Haid

Mengetahui masa subur penting dilakukan bagi Ibu yang ingin segera memiliki keturunan. Masa subur merupakan hal yang penting untuk diperhatikan bila ingin memulai program kehamilan. Cara mengetahui masa subur ini bisa dilakukan dengan menghitung waktu haid.

Untuk mengetahui masa subur, sebelumnya Ibu perlu tahu siklus menstruasi. Siklus menstruasi atau haid merupakan rentang hari sejak pertama  haid hingga hari pertama haid beriktunya. Pada umumnya, siklus haid yang normal adalah 21-35 hari. Pada saat haid, sel telur akan berkembang di ovarium. Ketika matang, ovarium akan melepaskan sel tersebut dan terjadilah masa ovulasi atau masa subur wanita sebelum haid.

Biasanya, ovulasi terjadi 12-14 hari sebelum hari pertama haid. Tapi, masa subur wanita sebelum haid ini juga tergantung pada siklus haid. Bila siklus haid pendek, maka masa subur wanita sebelum haid dapat terjadi hanya beberapa hari setelah haid sebelumnya berakhir. Inilah mengapa penting mengetahui siklus haid agar dapat memperkirakan waktu subur.

Masa subur berkisar sekitar waktu ovulasi, kira-kira lima hari sebelumnya. Biasanya, masa subur wanita sebelum haid adalah 12-16 hari sebelum saat menstruasi berikutnya. Perlu diingat juga bahwa lama masa haid bisa berubah sewaktu-waktu, biasanya berlangsung 2-7 hari dan bahkan ada yang lebih tergantung dari kondisi tubuh dan aktifitas. Lama waktu menstruasi juga membuat ovulasi berbeda, menjadi seminggu lebih cepat atau lambat dari waktu ovulasi sebelumnya.

Mengetahui masa subur wanita sebelum haid juga bisa dilakukan dengan cara ini:

1. Ketahui Siklus Terpanjang. Misalnya, 30 hari. Kurangi angka tersebut dengan 11, hasilnya 19. Berarti, 19 hari sebelum menstruasi adalah saat terakhir paling subur.

2. Ketahui Siklus Terpendek. Misalnya, 27 hari. Kurangi angka tersebut dengan 18 dan hasilnya adalah 9. Ini adalah hari pertama Ibu dalam posisi subur.

Jadi bila siklus haidnya 27-30 hari, masa subur Ibu adalah pada hari ke-9 hingga 19 sebelum haid. Untuk mengetahui lebih lanjut, konsultasikan dengan dokter kandungan untuk mengetahui saat yang tepat merencanakan kehamilan.

Share artikel ini:

Artikel Terkait