Tetap Fit Puasa Saat Hamil Muda

Puasa saat hamil muda bukanlah hal yang tidak mungkin. Banyak Ibu yang merasa sanggup untuk tetap melaksanakan ibadah puasa saat hamil muda. Yang penting, tetap menjaga kesehatan agar Ibu dan janin dalam kandungan tetap sehat-sehat saja dan konsultasikan dulu pada dokter.  

Menjaga tubuh tetap fit ketika puasa saat hamil muda cukup mudah. Berikut beberapa tipsnya:

Perbanyak Asupan Vitamin dan Mineral

Untuk menjaga tubuh agar tetap fit saat hamil muda, perlu banyak asupan vitamin dan mineral. Diantaranya, asam folat, zat besi dan kalsium. Vitamin-vitamin dan mineral ini bisa didapat dari sayuran hijau, daging, telur, kacang-kacangan, tempe, tahu serta susu.

Banyak Minum Air

Saat sahur dan berbuka, banyak-banyak minum air agar puasa saat hamil muda tetap lancar. Ini untuk mencegah tubuh dari dehidrasi saat tengah hari berpuasa dan menjaga asupan cairan dalam tubuh.

Hindari Makanan Manis

Makanan-makanan manis seperti permen dan cokelat dapat merangsang hormon insulin yang berfungsi membakar gula dalam darah. Bila hal ini terjadi, kadar gula dalam darah akan turun, dan membuat tubuh lemas saat menjalankan puasa.

Perbanyak Makanan dengan Karbohidrat Kompleks

Untuk menambah energi, saat berbuka dan sahur, konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Diantaranya adalah nasi, sayur-sayuran, ikan dan telur. Makanan-makanan ini dapat membuat tubuh kenyang lebih lama sehingga lebih kuat puasa saat hamil muda.

Cukupkan Istirahat

Ketika puasa saat hamil muda, tidak perlu memforsir kegiatan sehari-hari. Ibu yang sedang mengandung butuh banyak istirahat, apalagi bila tengah berpuasa. Istirahat yang cukup agar tidak banyak energi yang terbuang sia-sia dan ada tenaga untuk puasa saat hamil muda.

Hentikan Puasa Bila Merasa Lemas

Bila tubuh terasa lemas, pusing dan bahkan mual-mual ketika puasa saat hamil muda, segera hentikan. Jangan memaksakan, karena akan beresiko bagi kesehatan Ibu dan janinnya. Periksakan diri ke dokter bila hal ini berlanjut.

Share artikel ini:

Artikel Terkait