vote

Tips Memaksimalkan Kegunaan Madu Untuk Ibu Hamil

Meski manfaat dan khasiat madu bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Tentunya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar manfaat madu untuk ibu hamil dapat dirasakan secara maksimal. Pasalnya, madu sebelumnya banyak diragukan keamanannya bagi ibu hamil.

  • Rate Artikel ini

Meski manfaat dan khasiat madu bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Tentunya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar manfaat madu untuk ibu hamil dapat dirasakan secara maksimal. Pasalnya, madu sebelumnya banyak diragukan keamanannya bagi ibu hamil.  

Sahabat Nestlé merangkum beberapa tips bermanfaat agar pada masa kehamilan kesehatan ibu dan si kecil tetap terjaga. Mari cari tahu beberapa tips yang dapat Ibu aplikasikan agar manfaat madu semakin maksimal :

  1. Pilih madu murni

Pertama-tama, bagi Ibu yang sedang hamil, pilihlah madu yang murni agar Ibu dapat merasakan manfaat madu semaksimal mungkin. Hindari pemilihan madu yang tinggi dengan kandungan gula karena dapat berbahaya bagi kesehatan Ibu. Mengonsumsi madu yang dicampur gula tentunya dapat meningkatkan resiko terjadinya diabetes.

  1. Sebagai pemanis alami

Jika Ibu mengetahui gula sebagai zat pemanis, madu pun dapat menjadi alternatif pemanis yang dapat ibu konsumsi. Meskipun sama-sama manis dan terdiri atas fruktosa dan glukosa, gula dan madu tentunya memiliki perbedaan.  Pada gula, fruktosa dan glukosa menempel menjadi sukrosa, sedangkan pada madu, keduanya terpisah.

Dalam tubuh manusia, glukosa dan fruktosa mudah dipecah karena dua jenis gula tersebut menyatu. Oleh karena itu, kadar gula dalam darah dapat mengalami kenaikan pesat.  Berbeda dengan gula, madu asli lebih sulit dipecah di dalam tubuh sehingga kadar gula dalam darah pun tidak naik secepat pada saat mengonsumsi gula.

  1. Konsumsi madu di pagi hari

Pada dasarnya, manfaat madu untuk ibu hamil dapat ibu peroleh setiap saat, baik sejak pagi hari, siang, ataupun malam hari. Namun, ketika Ibu bingung kapan saat terbaik untuk mengonsumsi madu, Ibu dapat memperoleh manfaat maksimalnya pada pagi hari. Jika Ibu sering merasakan lemas pada masa kehamilan, mengonsumsi madu dapat menjadi solusinya. Pada pagi hari, Ibu membutuhkan sumber energi yang cukup seperti madu agar dapat memulai aktivitas dengan baik.

  1. Hindari mencampurnya dengan air panas

Madu yang langsung diminum seringkali tersangkut di tenggorokan. Oleh karena itu, melarutkannya dengan air merupakan hal yang disarankan agar mengurangi resiko terkena radang tenggorokan. Namun, manfaat madu untuk ibu hamil dapat hilang apabila madu dilarukan dengan air panas. Hindari mencampur madu dengan air panas karena dapat merusak adanya enzim serta kandungan vitamin yang ada dalam madu.  

Artikel Terkait

Terbaru