Tips Tampil Cantik Saat Hamil

Saat hamil, tubuh seorang Ibu akan mengalami perubahan hormonal seperti rambut rontok, kulit kering dan kusam. Hal ini memang wajar terjadi dan banyak yang merasa tidak percaya diri. Bagi Ibu yang tetap ingin tampil cantik dan sehat saat hamil, ada beberapa solusi dari Gideon Koren, M.D., profesor bagian kesehatan ibu dan anak, farmakologi, serta genetika dari University of Toronto.

 

Gizi yang Seimbang

Menurut dr. Ova Emilia, penulis buku Tetap Bugar dan Energik Saat Hamil, mengonsumsi vitamin dan zat besi bisa membuat rambut dan kulit menjadi sehat. Zat besi baik untuk pembentukan hemoglobin ditunjang asam folat untuk pembentukan sel darah merah. Agar zat besi mudah diserap tubuh, vitamin C pun diperlukan.

 

Lembapkan Kulit

Biasakan mengoleskan tubuh dengan pelembap semenjak trimester 1 dengan body lotion, body butter dan baby oil untuk menghindari kulit kering yang bisa menimbulkan stretchmark. Cocoa butter, kopi, alpukat atau minyak makadamia memiliki kadar pelembap sangat tinggi yang bagus untuk mencemerlangkan kulit.

 

Baca juga: Mitos Seputar Makanan Buat Ibu Hamil

 

Air Putih & Buah

Banyaklah minum air putih agar kulit terhindar dari dehidrasi. Selain bagus untuk kesehatan janin, kulit pun terjaga kecantikannya. Jangan lupa untuk rutin mengonsumsi buah-buahan yang juga kaya akan vitamin C, serat dan cairan.

 

Olahraga dan Tidur

Keseimbangan antara istirahat dan aktif wajib dilakukan. Usahakan tubuh tetap bergerak, salah satunya dengan mengikuti yoga atau pilates. Pastikan pula jika aktif bergerak, Ibu tetap ditunjang dengan istirahat yang cukup.

 

Pakaian & riasan

Pilihan warna busana yang salah kerap membuat seorang ibu hamil terlihat makin kusam. Pilihlah warna-warna lembut seperti pastel, putih hingga krem. Hindari pakaian yang terlalu ketat ataupun terlalu longgar. Untuk riasan, pilih kosmetik alami dan gunakan seminimal mungkin agar tercegah dari kemungkinan tubuh meresap produk kimia dari luar.

Share artikel ini:

Artikel Terkait