©shutterstock

Waspada Tubuh Pegal Berlebihan

Pekerjaan yang terlampau berat kadang mudah membuat tubuh merasa pegal. Apalagi bila pekerjaan yang dilakukan berhubungan dengan aktivitas fisik, pegal-pegal sudah menjadi gangguan tubuh yang lumrah. Bila pegal tersebut terjadi usai bekerja berat mungkin bisa dimaklumi karena kontraksi otot yang berlebihan. Sebaliknya, bila pegal-pegal sering terjadi bahkan tanpa melakukan pekerjaan yang berat, Anda perlu waspada.

National Institute of Health menjelaskan rasa pegal yang terjadi pada tubuh merupakan bentuk respon yang dikeluarkan oleh otot usai beraktivitas. Selama tubuh melakukan kegiatan, baik bergerak, mengangkat beban maupun menopang tubuh, otot akan menyesuaikan. Otot-otot tubuh akan berkontraksi atau mengalami penegangan saat menopang beban.

Tujuannya agar bagian tubuh yang Anda gunakan untuk beraktivitas bisa mengangkat beban yang diinginkan. Misalnya, otot lengan akan mengalami kontraksi saat mengangkat ember yang berisi air atau otot punggung akan kontraksi untuk menahan tulang belakang saat mengangkat sekarung beras. Di samping kontraksi, otot juga akan melakukan relaksasi. Tujuannya tak lain untuk mencegah terjadinya kram pada tubuh.

Relaksasi inilah yang menyebabkan tubuh merasa pegal dan perlu diistirahatkan agar kembali normal. Pada kasus pegal-pegal yang sering terjadi tanpa disebabkan oleh aktivitas yang berat, dimungkinkan ada beberapa gangguan pada sistem tubuh. Menurut Pat Bass, MD, MPH, profesor sekaligus dokter dari Louisiana State University Health Services Center-Shreveport, pegal-pegal yang mudah terjadi bisa menjadi gejala munculnya penyakit lain, seperti flu.

Kondisi tubuh yang kurang fit membuat virus influensa mudah sekali membuat efek pegal-pegal pada tubuh. Dr. Bass menambahkan punggung, lengan dan kaki merupakan bagian yang mudah sekali merasakan pegal saat flu menyerang. Perbanyaklah istirahat dan memakan makanan yang banyak mengandung zat gizi. Langkah ini menjadi cara yang paling mudah dan cepat namun cukup efektif untuk membuat tubuh kembali fit.

Share artikel ini:

Artikel Terkait