5 Manfaat Bersepeda untuk Kurangi Berat Badan

Selain olahraga lari, bersepeda juga semakin digemari sebagai pilihan olahraga rutin. Apalagi, sama halnya dengan lari, salah satu manfaat bersepeda adalah dapat membantu mengurangi berat badan. Jika Ayah atau Ibu sedang dalam usaha menurunkan berat badan, ayo cari tahu lebih banyak mengenai manfaat bersepeda untuk diet berikut ini:

Bersepeda adalah olahraga aerobic

University of Maryland Medical Center menganjurkan agar kita mengombinasikan olahraga aerobic, fleksibilitas, dan kekuatan untuk bisa merasakan manfaat olahraga yang optimal bagi tubuh. Pada dasarnya, bersepeda adalah olahraga aerobic, atau yang pada zaman sekarang lebih dikenal sebagai ‘cardio’. Jenis olahraga ini menstimulasi peningkatan detak jantung dan pernafasan, dimana jantung bekerja mengantarkan oksigen dalam aliran darah yang dibutuhkan untuk proses kerja otot. Di luar itu, olahraga jenis ini juga meningkatkan metabolisme, yang membutuhkan lebih banyak energi dalam prosesnya. Semakin banyak tubuh menggunakan energi, berarti semakin banyak pula kalori yang terbakar.

Bersepeda membakar banyak kalori

Jika dilakukan secara rutin, bersepeda dapat membantu menurunkan berat badan. Salah satu kunci untuk menurunkan berat badan adalah dengan mambakar banyak kalori. Jika dilakukan dengan benar, bersepeda selama 30 menit dapat membakar antara 300-500 kalori. American College of Sport Medicine menganjurkan olahraga cardio, termasuk bersepeda, selama 30 menit sehari yang dilakukan setidaknya 5 kali dalam seminggu. 

Bersepeda adalah olahraga low impact

Jika berat badan Ibu saat ini cukup tinggi, Ibu perlu memilih olahrga yang tepat sehingga Ibu terhindar dari cidera. Bersepeda adalah pilihan yang tepat karena bersepeda merupakan olahraga low impact yang minim beban pada persendian. Dengan begitu, risiko Ibu mengalami cidera pada pergelangan kaki, lutut dan pinggul pun menjadi minim. 

Bersepeda pagi hari pilihan tepat untuk mengurangi berat badan

Apakah Ibu dan keluarga memilih pagi hari untuk bersepeda? Jika ya, maka Ibu sudah memilih waktu yang tepat. Salah satu dari manfaat bersepeda di pagi hari adalah dapat membantu menurunkan berat badan dengan lebih signifikan. Bersepeda di pagi hari sebelum makan berat dapat membantu membakar lebih banyak lemak yang disimpan dalam tubuh. Selain itu, bersepeda di pagi hari tentu akan memperlancar metabolisme tubuh yang akan membantu pembakaran kalori dan mempertahankan berat badan ideal.

Bersepeda mudah diselipkan dalam aktivitas sehari-hari

Walaupun meluangkan waktu khusus untuk bersepada tentu akan lebih baik, tetapi jika memang tidak sempat, bersepeda bisa dengan mudah diselipkan dalam aktivitas sehari-hari. Misalnya, bersepeda untuk belanja ke pasar atau bersepeda untuk pergi bekerja. Jadi, jika selama ini Ibu merasa tak punya waktu untuk mengikuti kelas aerobic atau pergi ke fitness center untuk berolahraga agar berat badan berkurang, Ibu bisa melakukannya dengan bersepeda untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Tertarik mencoba bersepeda untuk mengurangi berat badan, Bu? Jangan hanya fokus pada kegiatan olahraga tanpa memperhatikan asupan gizi harian ya, Bu. Selalu imbangi olahraga dengan mengonsumsi menu sehat yang seimbang agar selain berat badan menjadi ideal, tubuh juga tetap sehat dan bugar.

Share artikel ini:

Artikel Terkait