6 Jenis Makanan Ini Bantu Turunkan Kolesterol Secara Alami

Menurunkan kolesterol memang sangat penting guna menjaga kesehatan tubuh. Tingginya kadar kolesterol bisa menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya. Ya, Ibu pasti tahu beberapa jenis penyakit seperti stroke, serangan jantung, hipertensi, dan diabetes, bisa dipicu dari kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam darah.

Salah satu jenis makanan yang dianggap menjadi pemicu tingginya kolesterol adalah daging. Namun, Ibu tidak perlu cemas karena dengan mengimbangi konsumsi makanan di bawah ini, Ibu bisa membantu menurunkan kolesterol.

  1. Tomat

Buah tomat yang biasa digunakan dalam masakan ternyata bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol. Tomat mengandung senyawa likopen yang bermanfaat mencegah stroke atau serangan jantung. Dengan mengonsumsi sekitar 50 gram setiap harinya, Ibu bisa dengan cepat menurunkan kolesterol. Caranya pun cukup mudah karena tomat bisa dicampur bersama masakan atau diminum dalam bentuk jus.

  1. Alpukat

Kandungan lemak tak jenuh dan pitosterol dalam buah alpukat sangat penting untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Terpenting lagi, alpukat adalah sumber pottasium, vitamin K, vitamin C, vitamin B6, serat dan folat.  Untuk membantu menurunkan kolesterol, Ibu bisa membuat jus alpukat atau mencampurnya ke dalam salad.

  1. Jeruk

Mengandung vitamin C yang tinggi, membuat jeruk menjadi buah dengan kadar antioksidan yang banyak dibutuhkan tubuh. Kandungan antioksidan tersebut bermanfaat untuk mencegah radikal bebas masuk ke tubuh. Dengan mengonsumsi sekitar 3 gelas jus jeruk, Ibu bisa meningkatkan 21 miligram kadar kolesterol baik (HDL) selama satu bulan.

  1. Zaitun

Minyak zaitun mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti antioksidan dan lemak tak jenuh yang keduanya berfungsi menurunkan kolesterol jahat. Sebaliknya, kedua kandungan tersebut juga dapat meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam darah. Mengonsumsi minyak zaitun sekitar 2 sdm/hari akan mampu membantu mengurangi risiko penyakit stroke. Ibu boleh mencampurkan ke dalam makanan atau sebagai pengganti mentega, dengan catatan jumlahnya yang tidak berlebihan ya.

  1. Sayuran

Memperbanyak konsumsi sayuran juga bisa membantu Ibu untuk menurunkan kolesterol. Beragam kandungan seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, betakaroten, adalah antioksidan yang berfungsi untuk memangkas kolesterol jahat.

  1. Almond

Kacang almond adalah sumber lemak tak jenuh yang berguna untuk mengatur keseimbangan kolesterol. Dengan konsumsi sekitar 73 gram setiap harinya, maka Ibu bisa menurunkan sekitar 10% kolesterol jahat tanpa mengganggu kadar HDL dalam darah. 

Share artikel ini:

Artikel Terkait