©shutterstock

Kenapa Bisa Muncul Ketombe ya, Bu?

Kulit kepala terasa gatal bisa menjadi indikasi dari kulit kepala maupun rambut yang kurang sehat, seperti berketombe. Ketombe dapat menimbulkan rasa kurang percaya diri terutama ketika memakai baju yang berwarna gelap, karena terlihat butiran-butiran putih yang berjatuhan di bahu.

Agar tidak makin membuat malu, cari tahu penyebab ketombe dan cara mengatasinya.

Kulit Kepala Berminyak

Biasanya banyak yang mengira ketombe terjadi karena kulit kepala mengering dan bersisik, sehingga timbul serpihan-serpihan putih. Ternyata ini adalah sebuah pemahaman yang salah. Menurut dokter kulit yang juga peneliti dari University of Southern California Medical School, Jessica Wu, M.D., ketombe disebabkan oleh tumbuhnya jamur yang berlebihan  yang dipicu oleh tingginya produksi minyak di kulit kepala. Sel-sel kulit kepala yang mati juga bisa menjadi penyebab menyebabkan timbulnya ketombe.

Keramas Lebih Sering

Biasanya dokter kulit tidak menyarankan untuk mencuci rambut setiap hari karena dapat melukai kulit kepala dan menyebabkan iritasi, tapi beda halnya dengan mereka yang bermasalah dengan ketombe. Dokter kulit ternama dari Beverly Hills Hospital, Stuart H. Kaplan, M.D., menyebutkan jarang keramas akan menyebabkan tumpukan sel kulit mati dan meningkatkan produksi minyak, serta memicu pertumbuhan jamur penyebab ketombe. Untuk menyingkirkan ketombe dari kulit kepala diperlukan sampo dengan kandungan tertentu dan harus dipakai setiap hari. Dokter Kaplan menyarankan sampo dengan kandungan ketoconazole, selenium sulfide, atau zinc. Apabila takut rambut menjadi kering dan kusut, gunakan pula kondisioner khusus untuk rambut berketombe. Tapi jangan dioleskan di akar rambut ya, karena akan membuat rambut makin berminyak. Cukup oleskan dari setengah panjang rambut hingga ujungnya.

Tidak bisa disembuhkan, tapi bisa dikendalikan

Kabar buruk bagi Anda yang mengalami masalah dengan ketombe, saat mengira ketombe sudah hilang untuk selamanya, kondisi ini ternyata dapat kembali muncul sewaktu-waktu. Tapi bukan berarti tidak ada tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindarinya. Gunakan shampoo anti ketombe sesekali untuk menghilangkan jamur penyebab ketombe. Kurangi makanan yang berminyak terutama makanan dengan tingkat lemak trans yang tinggi serta konsumsi lebih banyak sayuran dan buah yang tinggi akan zat besi dan vitamin B. Yoghurt yang tinggi kandungan probiotik juga dapat dimasukkan dalam menu sehari-hari untuk melawan pertumbuhan jamur.

Gunakan tips-tips di atas agar rambut terbebas dari rasa gatal dan ketombe yang mengganggu ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait