@shutterstock

Mengapa Bisa Muncul Panu?

Kulit merupakan organ tubuh paling luar yang harus dilindungi dan dirawat dengan baik. Mengapa demikian? Karena udara yang buruk dan cuaca yang tidak menentu bisa mengakibatkan berbagai macam masalah kulit, salah satunya adalah panu.

Panu terjadi akibat infeksi jamur pada kulit. Jamur tumbuh akibat kulit yang terlalu berminyak, cuaca yang panas, keringat, hingga kekebalan tubuh yang tidak stabil.

Gejala Awal

Seperti yang dijelaskan oleh Mayo Clinic, salah satu situs kesehatan Amerika, gejala awal panu adalah munculnya lapisan tipis berwarna putih di permukaan kulit. Awalnya kasar dan bersisik. Namun lama-lama terasa gatal, apalagi kalau sampai terkena paparan sinar matahari langsung. Biasanya terjadi di area belakang leher, dada, dan lengan bagian atas.

Diagnosa

Kalau Anda mengalami gejala tadi, segera periksakan diri ke dokter. Bisanya gejala yang muncul tidak hanya berwarna putih tapi juga merah muda, cokelat muda, ataupun cokelat gelap. Dokter akan menggunakan sinar ultraviolet untuk membuat daerah yang terkena panu menjadi kehijauan. Kemudian dokter akan mengambil beberapa sampel untuk diteliti di bawah mikroskop. Baru setelah itu, Anda bisa mengetahui hasilnya apakah positif panu atau tidak.

Pengobatan

Ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu lewat aneka krim kulit seperti lotion atau salep. Ada juga yang menggunakan obat berupa pil untuk menyembuhkan panu dari dalam. Jika ingin mencoba obat rumahan, Anda bisa menggunakan shampoo khusus yang kemudian dioleskan ke bagian yang kena panu. Tunggu selama 10 menit baru bilas. Lakukan secara rutin supaya panu lekas sembuh dan kulit kembali sehat.

Namun, kalau hasilnya malah semakin parah, Anda harus segera menghubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut dan mendapat penanganan yang tepat.

Perawatan

Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk melakukan tindakan pencegahan. Caranya? Rajin cuci muka pakai pembersih wajah yang bisa mengurangi minyak berlebihan di kulit. Jangan terlalu sering menyentuh kulit, apalagi kalau tangan Anda kotor. Mandi yang rajin dan pakai pakaian yang bersih.

Panu memang membuat kulit kehilangan kecantikan dan kesehatannya. Namun, Anda tidak boleh menyerah untuk menjadikan kulit kembali sehat seperti sedia kala. Semoga informasinya bisa membantu ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait