©shutterstock

Awas, Bahaya Kuman Lewat Sentuhan Tangan

Berjabat tangan sudah menjadi adat dan budaya yang tak terpisahkan dari adat Timur, seperti Indonesia. Di sisi lain, kebiasaan ini juga meningkatkan keakraban antar manusia dan membangun rasa percaya satu sama lain. Namun di balik itu semua, ternyata bersentuhan tangan secara langsung dapat menularkan kuman lho. Kok bisa ya?

Para ilmuwan dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health mengungkapkan bahwa kemungkinan tertular kuman saat berjabat tangan hanya sebesar 17 persen. Meskipun angkanya kecil, Anda tidak boleh menganggap remeh, karena kuman yang berpindah dari tangan satu ke tangan lainnya bisa mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan seperti berikut ini.

Diare

Tangan yang kotor mengandung banyak bakteri dan kuman berbahaya di dalamnya. Salah satu di antaranya bisa mengkibatkan diare. Penyakit ini ditandai dengan sakit perut dan tidak henti-hentinya buang air besar.

Flu

Beberapa orang dengan cueknya mengusap hidung setelah bersin dengan tangan langsung. Kemudian tanpa mencucinya, mereka bersslaman dengan orang lain. Hal semacam ini pasti sering Anda temui dalam keseharian bukan? Tangan yang digunakan untuk mengelap hidung tadi telah terinfeksi kuman  yang bisa mengakibatkan flu. Ketika berjabat tangan, kuman akan berpindah tempat dan menginfeksi Anda yang awalnya sehat-sehat saja.

Hepatitis A

Gangguan kesehatan yang ini merupakan virus yang menginfeksi hati. Kalau tidak segera diatasi bisa menyebabkan sakit perut, kurang nafsu makan, demam, dan kelelahan. Biasanya menyebar lewat makanan yang tercemar atau kuman yang berpindah saat berjabat tangan. Menurut National Institue of Allergy America, jika seseorang memiliki kuman hepatitis A di tangannya dan dia berjabat tangan atau menyentuh bagian tubuh Anda, bisa dipastikan bakteri tersebut akan berpindah. Untuk mencegahnya Anda harus rajin-rajin cuci tangan agar kuman cepat pergi.

Berjabat tangan memang budaya yang tidak mungkin ditinggalkan. Namun ada kalanya Anda harus bertindak ekstra untuk mencegah kuman masuk ke badan. Semoga informasinya bisa membantu ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait