©shutterstock

Beragam Penyakit di Kala Musim Hujan

Anak-anak memang antusias menyambut hujan datang. Dia bisa bermain dengan bebas bersama teman-temannya. Meski Anda tak tega untuk menolaknya ketika dia meminta izin bermain hujan-hujanan, tetapi memberikan batasan adalah hal yang penting. Banyaknya penyakit di musim hujan mudah sekali membuat si kecil jatuh sakit bila keseringan bermain hujan-hujanan.

Demam

Suhu tubuh mendadak meningkat dan si kecil menggigil kedinginan merupakan tanda terjadinya demam. Penyakit ini akan lebih mudah terjadi di musim hujan. Terlebih saat daya tahan tubuh si kecil sedang tak sehat, sementara dia menghabiskan waktu yang lama untuk hujan-hujanan. Tak heran usai bermain hujan dia mendadak demam.

Flu

Banyak virus dan bakteri yang beterbangan di udara saat musim hujan, menimbulkan risiko terjadinya penyakit musiman seperti flu. Penyakit ini tidak terjadi secara langsung, namun melalui beberapa tahapan termasuk demam. Bila si kecil terlalu sering bermain hujan-hujanan, maka risiko mengalami flu akan menjadi lebih besar.

Infeksi kulit

Di samping itu, luapan air akibat hujan juga bisa menyebabkan infeksi pada kulit. Si kecil akan mendadak sering garuk-garuk dan mengeluh tubuhnya merasa gatal. Luapan air hujan yang membasahi tanah mengandung berbagai kuman yang bisa menyebabkan kulit menjadi gatal-gatal.

Diare

Kuman yang dibawa oleh air hujan bisa masuk ke dalam pencernaan juga lho. Misalnya saja, usai bermain hujan-hujanan si kecil langsung memakan sesuatu tanpa membersihkan tangannya terlebih dulu. Hal ini akan begitu mudah membuat kuman yang ada di tangan menempel pada tangan, tertelan masuk ke perut dan menyebabkan diare.

Maka dari itu, berikan beragam permainan seru agar si kecil tak sampai bermain hujan-hujanan. Di sisi lain berikan edukasi kepadanya bahwa sebenarnya bermain hujan-hujanan itu kurang sehat. Jangan lupa memberikan makanan yang bergizi agar daya tahan tubuh si kecil tetap prima walau sedang terjadi musim hujan.

Share artikel ini:

Artikel Terkait