©shutterstock

Bahaya Menggunakan Handuk Bergantian

Handuk merupakan barang yang cukup sensitif, apalagi jika dipakai bergantian dengan orang lain. Perlengkapan mandi ini bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri karena teksturnya yang berserat dan lembap. Kalau dipakai dengan orang lain, maka bakteri tadi akan bertambah banyak dan bisa menyebar hingga mengakibatkan berbgai macam masalah kesehatan.

Masalah Kulit

Problem kulit adalah masalah pertama yang akan menyerang Anda ketika pakaian handuk secara bergantian. Bakteri yang bersarang di dalam handuk akan dengan mudahnya nempel ke kulit Anda dan berkembang biak di sana. Masalah yang paling ringan adalah gatal-gatal di permukaan kulit. Sedangkan yang paling berat adalah bengkak hingga penyakit mematikan lainnya.

Menurut Dr. Ron Cutler, seorang ahli mikrobiologi dari University of London, “beberapa orang yang meminjam handuk Anda pasti menggunakannya untuk membersihkan area bawah. Besar kemungkinannya bakteri di sana akan nempel dan berkembang biak di handuk yang lembap. Sehingga ketika Anda memakainya, bakteri tadi akan berpindah dan menyebabkan berbagai macam masalah yang menganggu kesehatan”. Hii... Anda tidak ingin mengalaminya kan? Oleh karena itu, jangan meminjamkan handuk kepada siapapun agar kebersihan dan kesehatan kulit tetap terjaga.

Panu

Panu masih masuk dalam kategori masalah kulit. Hanya saja, gangguan yang satu ini diakibatkan oleh infeksi jamur di kulit. Ketika Anda meminjamkan handuk kepada orang yang memiliki panu di badannya, maka jamur tadi akan menempel di permukaannya. Kondisi handuk yang lembap memudahkan jamur untuk bertelur dan saat Anda memakainya, jamur tadi akan berpindah ke kulit. Gejala awalnya adalah gatal dan muncul bercak kemerahan ataupun warna putih. Kalau dibiarkan saja, masalah ini akan menyebar ke bagian kulit lainnya. Untuk itu, harus segera diobati ya!

Jika ada yang meminjam handuk Anda, coba tolak sehalus mungkin atau pinjamkan handuk lain yang masih bersih. Kalau sudah, cucilah untuk membunuh segala macam bakteri yang bersarang. Cara ini perlu dilakukan untuk mencegah kotoran tadi melukai Anda dan juga membuat kulit tetap cantik. Semoga informasinya bermanfaat ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait