@shutterstock

Beda Tisu, Beda Pula Fungsinya

Penggunaan tisu semakin lama semakin berkembang. Jika dulu tisu hanya digunakan sebagai lap seusai makan, maka kini sudah banyak bermacam-macam tisu dengan fungsi yang berbeda. Ironisnya, meski sudah banyak masyarakat yang menggunakan tisu dalam kehidupan sehari-hari, beberapa di antaranya tidak menggunakan tisu sebagaimana mestinya. Sebut saja tisu toilet yang begitu mudah ditemukan di atas meja sebagian rumah makan.

Padahal, Dr. Jodi Mindell, praktisi kesehatan dari Amerika menyebutkan tisu dibuat berbeda karena bahan dan fungsinya memang digunakan untuk bagian tubuh tertentu. Ulasan lebih lengkap dari Dr. Jodi dapat disimak sebagai berikut.

Tisu wajah

Jenis tisu yang pertama adalah tisu wajah. Seperti namanya tisu ini memang dibuat untuk mengusap wajah yang memiliki tekstur kulit lebih lembut. Selain itu, gunakan tisu wajah khusus bayi yang memiliki permukaan kulit yang sangat lembut. Sebaliknya, jangan menggunakan tisu lain untuk mengusap wajah. Teksturnya yang kasar dapat merusak selaput kulit pada wajah.

Tisu makan

Tisu makan berbentuk lebih lebar dan tebal. Selain itu, teksturnya dibuat sedikit agar kasar agar bisa membersihkan sisa makanan yang menempel di bibir saat mengusapkannya. Selalu letakkan tisu makan di atas meja makan dan jangan meletakkan tisu toilet agar si kecil terbiasa menggunakannya sejak dini.

Tisu toilet

Berbeda dengan tisu makan, tisu toilet justru berbentuk gulungan. Teksturnya dibuat lebih kasar karena disesuaikan dengan fungsinya untuk membersihkan kotoran. Beberapa tisu toilet mengandung zat anti-bakteri agar bersih bebas kuman usai buang air besar. Zat ini bisa menyebabkan keracunan saat terkena mulut, sehingga jangan ditempatkan di meja makan.

Tisu Basah

Secara khusus tisu basah dibuat agar lebih praktis membersihkan bagian tubuh tertentu tanpa harus repot mencari air. Tisu basah juga ada macamnya, baik untuk wajah dan toilet. Kurangi penggunaan tisu wajah secara berlebihan karena bisa membunuh banyak bakteri berguna yang ada di tangan. Zat kimia digunakan di dalamnya juga mempengaruhi kesehatan kulit bilamana sering digunakan dalam kurun waktu yang lama.

Sudah tahu kan sekarang jenis tisu dan perannya. Jadi, jangan sampai salah lagi ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait