@shutterstock

Begini Dampak Konsumsi Gula Berlebihan Saat Diet

Gula adalah musuh besar ketika berdiet. Gula menawarkan rasa manis yang menyenangkan, tapi di balik  rasa manis itu, mengonsumsi gula saat diet akan memberikan dampak yang buruk untuk tubuh dan berat badan.

Menurut Dietary Guidelines of America 2010, gula menyumbangkan sekitar 16 persen kalori dari standar diet Amerika, terutama pada minuman bersoda, makanan cepat saji dan hidangan pencuci mulut. Gula yang Anda konsumsi tidak hanya berasal dari gula yang biasa digunakan untuk teh, tapi gula juga bisa berasal dari susu, buah-buahan atau sirup maple.

Seperti yang Anda ketahui, mengonsumsi gula akan berdampak menambah berat badan. Bukan kejutan lagi, karena mengonsumsi banyak gula tidak akan membuat tubuh manusia mengubah energi yang masuk menjadi trigliserida dengan cepat, tapi akan malah akan membuat lemak dalam tubuh berkumpul menjadi satu di bawah lutut Anda. Selain itu, mengonsumsi gula ketika diet bisa menyebabkan risiko penyakit diabetes. Gula akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh dan melemahkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Beberapa dampak lain dari mengonsumsi gula saat diet adalah sebagai berikut :
1. Pikiran menjadi gelisah, depresi dan menyebabkan tubuh bertindak hiperaktif.
2. Naiknya kolesterol dalam tubuh manusia.
3. Memicu terjadinya stroke.
4. Merusak gigi.
5. Menyebabkan pusing dan sakit kepala sebelah atau migrain.
6. Meningkatkan kandungan lemak di hati.
7. Menghambat konsentrasi Anda dalam berpikir.

Jika khawatir, ada salah satu jenis diet yang menerapkan diet gula. Pelaku diet hanya diperbolehkan mengonsumsi 30 persen protein, 40 persen lemak, dan 30 persen karbohidrat setiap harinya. Tapi, jika tidak bisa meninggalkan makanan manis, maka Anda bisa mengganti gula dengan gula jagung, kismis, atau madu. Cobalah membuat menu makanan diet rendah gula, seperti mashed banana, sereal almond atau pie apple dengan taburan apricot.

Gantilah cemilan dengan dark chocholate yang rendah lemak, sereal bar, biskuit gandum atau coba kreasikan resep kue kesukaan Anda tanpa menambahkan gula dan menggantinya dengan madu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait