Berlaku Sehat Saat Liburan

Segarkan pikiran, tanpa lupa menjaga kecantikan, kesegaran, terutama kesehatan tubuh.

Dapat dipastikan bahwa kegiatan berlibur akan bersinggungan langsung dengan hal-hal yang bisa mengubah kondisi fisik Anda (dan keluarga). "Penyakit saat liburan yang paling banyak muncul ya gangguan pencernaan, seperti diare, muntah-muntah, thyfoid atau tipus. Pemicunya karena saat liburan biasanya kita banyak makan, jajan sana sini yang mungkin tidak bersih, akhirnya menjadi tempat masuk kuman. Flu juga mungkin terjadi karena "bertemu" dengan lingkungan baru ditambah kelelahan akibat banyaknya aktivitas yang menjadi penyebab stamina drop," demikian paparan dr. Tirta Prawita Sari Msc, dosen Fakultas Kedokteran dan Kesehatan di Universitas Muhammadiah, Jakarta, kepada majalah Good Housekeeping.

Holiday Beauty Routines

  • Liburan, bukan berarti meninggalkan rutinitas merawat kecantikan. Paling tidak, Anda dapat melakukan hal yang paling simpel dalam menjaga kecantikan dan kesehatan kulit yaitu dengan mandi secara teratur. Selalu perhatikan fasilitas tempat liburan Anda. Akan lebih menguntungkan apabila tempat tersebut juga menawarkan perawatan lokal yang bisa menambah beauty experience Anda.
  • Tidak perlu takut mengekspos tubuh Anda di siang hari asalkan kulit –termasuk bagian telinga- tetap terlindungi tabir surya dengan SPF minimal 15 yang dilengkapi dengan UVA dan UVB protection.
  • Keadaan udara yang tidak menentu bisa membuat permukaan bibir Anda menjadi mudah kering dan bahkan pecah-pecah. Oleskan lip balm.
  • Pastikan Anda dan keluarga selalu minum air putih yang cukup supaya tubuh tidak kekurangan cairan dan selalu bugar. Air putih juga sangat baik untuk menjaga kelembapan kulit. Dan jangan lupa mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. "Supaya tidak tergoda dengan snack yang hanya mengenyangkan perut tapi tidak menyehatkan, selalu mampir ke supermarket untuk membeli buah-buahan segar dan air mineral. Tetap lakukan kebiasaan sehat tersebut di manapun Anda berada," saran Emilia E. Achmadi, Health Coach SEHATI.  

Manfaatkan Setiap Fasilitas
Perjalanan panjang atau menginap di luar kota tak perlu mengganggu rutinitas olahraga yang dilakukan. Tetap olah tubuh, meski caranya agak berbeda, yang penting tubuh Anda tetap bergerak aktif. Jangan lupa isi koper Anda dengan pakaian dan sepatu olahraga.

  1. Dapatkan informasi lengkap mengenai fasilitas yang dimiliki hotel tempat Anda menginap, seperti kolam renang atau fitness center. Gunakan fasilitas hotel tersebut untuk menjaga kebugaran tubuh.
  2. Kegiatan jalan pagi dan senam atau lari-lari kecil tetap memungkinkan dilakukan di lingkungan sekitar apabila Anda menginap di rumah sanak saudara yang tidak ada fasilitas olahraga sama sekali.
  3. Parkir kendaraan Anda di tempat yang agak jauh sehingga Anda mempunyai sedikit waktu untuk membuang energi dari tubuh. 
  4. Tergoda mencoba makanan lokal yang kandungan lemaknya tinggi? Imbangi dengan berjalan berkeliling dari satu obyek ke obyek wisata lain di kota itu. Keluar-masuk toko suvenir juga bisa dijadikan sarana pengganti mengeluarkan energi berlebihan di tubuh.

Hindari Penambahan Berat Badan
Beberapa studi yang dilakukan Roger D. Mitty, M.D. dari Elizabeths Medical Centre, Boston,  membuktikan bahwa liburan seringkali dijadikan alasan untuk memanjakan diri termasuk memanjakan lidah. Akibatnya banyak orang mengalami penambahan berat badan ekstra dan kesulitan menurunkannya kembali.

Jika diakumulasi dalam hitungan tahun, penambahan berat badan ekstra setiap liburan ini menyebabkan obesitas di kehidupan selanjutnya. Oleh karena itu, lanjut Roger, penting sekali menghindari penambahan berat badan saat liburan untuk mencegah obesitas dan penyakit terkait. Yang perlu Anda lakukan:

  1. Menerapkan pola makan sehat akan membuat Anda bebas dari rasa bersalah karena menimbun lemak. Makanlah sesuai jadwal biasa dan tetap memperhatikan porsi dan kualitas makanan.
  2. Kurangi kalori. Makanan yang disajikan pada musim liburan seringkali kaya lemak dan kalori. Tak perlu dihindari, cukup dengan memotong jumlah lemak dan kalorinya agar makanan favorit tersebut menjadi lebih sehat. Berikut beberapa cara mengurangi asupan lemak:

 

  • Mulailah hari dengan makanan yang mengandung protein karena proses cernanya lebih lama dan membantu Anda tetap kenyang lebih lama.
  • Hindari kondisi perut kosong saat akan bepergian ke tempat-tempat yang disukai. Sebelum berangkat, makanlah salad atau kudapan rendah lemak lainnya.
  • Mengonsumsi banyak karbohidrat akan membuat Anda semakin banyak pula mengonsumsi gula. Untuk menghindari siklus ketagihan karbohidrat ini, konsumsilah makanan yang mempunyai indeks glisemik rendah. Dengan hanya mengonsumsi karbohidrat kompleks, ketagihan Anda akan hilang dan rasa puas/ tingkat kekenyangan bertambah.
  • Sediakan selalu camilan sehat rendah lemak –buah misalnya- sebagai alternatif terbaik di saat Anda kekurangan waktu untuk menyiapkan makanan sehat. Dengan begitu Anda terhindar dari keinginan memilih makanan yang tidak sehat.
  • Tiga kue per hari selama seminggu setara dengan 0.75 kilogram berat badan ekstra. Sebelum menyantapnya, pikirkan usaha yang harus Anda lakukan untuk membuang efeknya begitu liburan berakhir.

Silakan menikmati liburan Anda bersama keluarga. Nikmati segala keunikan dan keseruan yang dirasakan selama menjalaninya. Kadang, suatu perjalanan adalah proses eksplorasi perjuangan dan orang yang mengalaminya akan mengubah cara mereka memandang diri dan keadaan sulit yang ditemukan di rumah dan di tempat kerja.

Share artikel ini:

Artikel Terkait