Biji Semangka Ternyata Ada Khasiatnya Lho

Biji Semangka Ternyata Ada Khasiatnya Lho

Siang-siang yang panas cukup tepat untuk menikmati hidangan yang segar seperti semangka. Selain bisa melepas dahaga, buah yang banyak kandungan airnya ini juga membantu mengurangi dehidrasi dalam tubuh. Apalagi rasanya yang manis semakin membuat Anda tak bisa menolak untuk memakannya. Hal unik yang selalu tampak saat makan buah semangka adalah biji semangka.

Ternyata biji semangka ini sendiri memiliki manfaat yang cukup banyak. Biar tidak penasaran langsung simak ulasan berikut ya.

Sumber protein

Ukurannya yang kecil membuat banyak orang tak menyadari jika biji semangka ternyata sumber protein nabati yang baik. Tracy Joy, ahli gizi dan praktisi kebugaran Amerika mengatakan sebanyak 30,6 gram biji semangka mampu menyumbangkan kebutuhan protein harian dalam tubuh hingga 61 persen.

Sumber asam amino

Di antara jenis protein yang ada dalam biji semangka, terdapat Arginin. Salah satu jenis asam amino ini memiliki peran yang penting dalam menunjang kesehatan. Medline Plus, salah satu lembaga kesehatan Amerika, mengungkapkan asam amino arginin dapat membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Tracy Joy menambahkan selain Arginin, asam amino lain yang juga bermanfaat bagi kesehatan jantung dalam biji semangka adalah triptofan.

Vitamin B

American Cancer Society melaporkan kandungan vitamin B dalam biji semangka cukup melimpah. Sebanyak 3,8 gram biji semangka kering dapat memenuhi 19 persen kebutuhan vitamin B harian dalam tubuh. Vitamin ini dapat menjadi sumber energi yang bisa menjaga stamina tubuh sepanjang hari. Selain itu, Tracy Joy menambahkan vitamin B ini juga memiliki peran melancarkan sistem pencernaan, menjaga kesehatan kulit serta membuat kinerja saraf tetap normal.

Mineral

Nutrisi lain yang ada dalam biji semangka adalah mineral. Menurut Tracy Joy magnesium merupakan sumber mineral terbesar dalam biji semangka dengan jumlah 556mg atau setara 139 persen kebutuhan magnesium harian. Sesuai lansiran National Institute of Health magnesium dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal dan melancarkan proses metabolisme karbohidrat yang berpotensi meningkatkan gula darah dalam tubuh.

Begitu melimpah khasiat dari biji semangka, sungguh sayang kan jika sampai tidak termakan saat menikmati kesegaran buah semangka.

Share artikel ini:

Artikel Terkait