©shutterstock

Fakta Menarik Tentang Mood Swing

Sering mengalami mood  yang terus berubah-ubah dalam waktu singkat? Hati-hati! Bisa jadi Anda mengalami mood swing. Hal ini sering kali terjadi ketika suasana hati sedang berantakan atau ada masalah kesehatan sehingga badan terasa capek, namun rutinitas tak mau berkompromi.  Selain itu, ada juga fakta menarik mood swing yang akan dibahas dalam ulasan berikut ini, simak yuk!

Sering Terjadi Pada Wanita

Sebagian besar wanita sering mengalami mood swing, apalagi saat Premenstrual Syndrome atau PMS. Rasa tidak nyaman yang terjadi saat PMS akan membuat wanita sering bad mood. Namun beberapa saat kemudian, hal tersebut bisa berubah. Perasaan jadi lebih sensitif sehingga gampang sekali terpengaruh suasana serta terbawa emosi.

Kafein yang Berlebihan

Salah satu penyebab mood swing adalah kafein. Memang sih, zat ini dikenal sebagai penenang pikiran dan stimulan, tapi kalau terlalu banyak bisa membuat Anda jadi moody. Kalau sudah begini, bukan hanya diri sendiri yang capek tapi orang-orang di sekeliling Anda juga malas menghadapi sikap tidak jelas semacam ini.

Atasi Dengan Olahraga

Olahraga tidak hanya bagus untuk kebugaran, tapi juga suasana hati. Jika Anda berolahraga secara teratur, maka peredaran darah jadi lancar dan zat yang tidak digunakan oleh tubuh ikut berkurang. Kedua hal ini akan membantu menyeimbangkan emosi sehingga mood  tetap stabil.

Jalan-Jalan

Cara termudah untuk mengusir mood swing adalah jalan kaki. Lakukan hal ini setiap pagi selama 30 menit untuk membuat suasana hati jadi bagus. Di samping itu, jalan kaki juga membantu menyehatkan badan Anda serta membuat produktivitas kerja meningkat.

Bisa Terjadi Pada Siapa Saja

Mood swing tidak mengenal batasan usia. Bahkan si kecil yang notabene, masih lugu bisa mengalaminya. Kalau orang dewasa, cara mengatasinya cukup mudah, tinggal tarik nafas dalam-dalam kapan pun Anda merasakan perubahan mood. Namun kalau hal ini terjadi pada si kecil, Anda harus sabar menenangkannya. 

Mood swing sering datang secara tiba-tiba. Menerapkan pola hidup sehat, selalu berpikir positif dan bersyukur adalah hal penting yang harus dilakukan untuk mencegah gangguan ini. Semoga informasinya bermanfaat ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait