©shutterstock

Fenomena Kulit Mengelupas, Perlukah Waspada?

Kulit adalah organ paling luar yang terus-terusan terkena sinar matahari, debu, polusi, udara dingin, dan bakteri. Kalau tidak dilindungi, benda-benda asing tadi bisa memberikan dampak buruk, seperti kulit mengelupas.

Masalah ini biasanya berawal dari pecah-pecah. Rasa gatalnya membuat tangan terus-terusan menggaruk sehingga kulit mengelupas. Namun ada juga yang disebabkan karena alergi, infeksi, gangguan sistem imun, hingga gejala penyakit berbahaya. Tenang, Anda tidak perlu panik karena gangguan ini bisa diatasi dengan cara-cara berikut ini:

Dinginkan

Ketika kulit mengelupas, hindari mandi air panas. Sebaliknya gunakan air dingin untuk membuat kulit tenang dan memperlambat proses pengelupasan. Jangan mnggosokknya karena bisa membuatnya menyebar. Keringkan dengan handuk kering yang bersih supaya makin cepat sembuhnya.

Jangan Digaruk

Kulit mengelupas memang terasa gatal, namun kontrol tangan Anda agar tidak sampai menggaruknya. Kalau hal tersebut terjadi bisa mengakibatkan kerusakan kulit secara permanen dan meninggalkan bekas luka. Untuk meredakan gatalnya, gunakan balok es batu. Rasa sejuk dari es akan mendinginkan kulit dan menghambat pengelupasan terjadi.

Lembapkan

Kulit harus selalu dilindungi oleh lotion untuk mencegah terjadinya berbagai macam masalah. Namun ketika Anda mengalami kulit mengelupas, cari lotion yang memang dirancang khusus untuk mengatasinya. Biasanya lotion untuk kulit mengelupas memiliki kandungan lidah buaya dan ekstrak kaktus alami untuk membantu penyembuhan. Kedua bahan tadi juga bermanfaat untuk melawan rasa sakit dan mencegah terjadinya infeksi, seperti yang diterangkan dalam situs kecantikan, She Knows.

Rajin Minum Air Putih

Kulit yang mengelupas juga harus dilembapkan dari dalam. Minumlah air putih untuk menjaga kesehatan kulit dan mengobati pengelupasannya. Anda harus minum setidaknya 10 gelas air setiap hari agar kulit cepat sembuh dan kembali cantik.

Bu, waspadalah terhadap fenomena ini karena bisa membuat tampilan kulit tidak cantik lagi. Namun kalau sudah melakukan serangkaian metode tadi tapi masih belum sembuh, segera hubungi dokter untuk mendapat penganan lebih lanjut. Semoga informasinya bermanfaat ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait