©shutterstock

Hobi Makan Sate Usus? Hati-hati Dampaknya Bagi Kesehatan

Indonesia punya banyak kuliner yang beragam. Bahkan ada yang terbuat dari jeroan hewan seperti sapi, kambing, dan ayam. Biasanya bahan-bahan ini diolah dengan cara digoreng, dibuat gulai, soto, kari, di bumbu balado, hingga dibikin sate. Banyak lho penggemar masakan yang satu ini. Rasanya yang gurih dan berlemak membuat setiap orang tidak pernah bisa melupakan kenikmatannya.

Di sisi lain, ternyata jeroan punya efek buruk untuk kesehatan. Apalagi kalau Anda terlalu banyak mengonsumsinya. Berikut beberapa dampak negatif yang bisa terjadi kalau keseringan makan jeroan, termasuk sate usus. Simak ya!

Naiknya Kadar Kolesterol

Bagi yang punya kolesterol tinggi, mending urungkan niat untuk menyantap kuliner lezat yang satu ini. Sate usus maupun jeroan punya banyak kandungan lemak jahat yang bisa membuat kadar kolesterol naik dalam waktu singkat, seperti yang dijelaskan dalam situs kesehatan Livestrong. Ketika kolesterol naik, maka pembuluh darah bisa menyempit dan memicu terjadinya penyakit lain seperti darah tinggi dan obesitas. Oleh karena itu, beralihlah ke makanan sehat seperti buah dan sayuran agar badan selalu bugar. Makanan ini juga tidak bagus untuk dikonsumsi ketika diet. Bukannya berat badan turun, justru usaha membuat badan langsing yang telah dilakukan berbulan-bulan jadi sia-sia.

Asam Urat

Banyak orang tua yang menolak makan sate usus maupun jeroan karena berbagai alasan. Salah satunya adalah asam urat. Usus termasuk juga jeroan secara umum mengandung zat purin yang bisa memicu timbulnya asam urat. Terlebih kandungan purin dalam jeroan masuk kategori tinggi, sehingga benar-benar kurang baik untuk kesehatan.

Masalah Pencernaan

Dampak lain dari sering mengonsumsi sate usus maupun jeroan bisa membuat pencernaan terganggu. Usus menjadi salah satu organ yang digunakan untuk mencerna makanan, sehingga memiliki tekstur yang keras dan sulit dicerna. Selain itu, usus banyak menyimpan bakteri sehingga rawan membuat sakit perut jika selama proses pengolahannya kurang bersih maupun matang.

Sate usus memang lezat tapi tidak ada salahnya untuk mulai mengurangi porsinya agar badan sehat selalu. Terapkan juga pola hidup sehat supaya lemak jahat di tubuh hilang dan Anda terbebas dari segala macam gangguan. Semoga informasinya bermanfaat ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait