vote

Ketahui Gejala Penyakit Lupus Agar Bisa Diatasi Lebih Cepat

Penyakit lupus adalah penyakit inflamasi kronis yang disebabkan kesalahan pada sistem kekebalan tubuh sehingga berbalik menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri.

  • Rate Artikel ini

Penyakit lupus adalah penyakit inflamasi kronis yang disebabkan kesalahan pada sistem kekebalan tubuh sehingga berbalik menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri. Inflamasi lupus dapat menyerang beberapa bagian tubuh seperti kulit, sendi, sel darah, paru-paru dan jantung. Berikut gejala lupus yang cukup mudah terlihat. Yuk ketahui gejalanya, agar bisa ditangani lebih cepat.

Kelelahan

Rasa lelah yang berlebih merupakan gejala paling umum dari penyakit lupus, seperti yang telah disebutkan bahwa saat terserang lupus sistem kekebalan tubuh akan menyerang organ-organ dan jaringan tubuh sendiri. Bila merasa kelelahan yang berlarut meski cukup istirahat dan tidur, mungkin saja sedang terserang lupus. Para penderita lupus seringkali merasa gejala ini adalah yang paling menyusahkan, karena mengganggu produktifitas dan aktifitas sehari-hari.

Sakit Persendian

Gejala lupus lainnya adalah bila merasa ada sakit di persendian kaki dan tangan. Rasa sakit ini biasanya bergantian, dan umumnya terasa di pagi hari saat bangun tidur. Meskipun begitu, sakit sendi ini kecil kemungkinannya berefek lebih jauh pada tubuh meski sudah positif terserang lupus.

Ruam-Ruam Merah

Kebanyakan penderita lupus muncul ruam di kulitnya di tahap awal terserang penyakit. Kebanyakan ruam ini muncul di wajah, pergelangan tangan dan lengan. Ruam di wajah biasanya muncul di sekitar pipi dan hidung dan disebut ruam kupu-kupu karena bentuknya. Ruam ini biasanya akan membaik setelah beberapa hari atau minggu, namun dalam beberapa kasus bisa juga permanen. Ruam bisa terasa gatal atau sakit kadang-kadang dan akan lebih parah bila terpapar sinar matahari.

Itulah gejala-gejala penyakit lupus yang dapat dilihat secara kasat mata. Untuk lebih lanjutnya mengetahui apakah terserang penyakit ini atau tidak, konsultasikan lebih lanjut ke dokter.

Artikel Terkait

Terbaru