Kiat Cerdas Miliki Rambut Sehat

Rambut hitam berkilau dan lembut layaknya artis atau model terkenal, tentu menjadi banyak dambaan banyak orang. Lebih-lebih seorang wanita yang menganggap rambut menjadi sebuah mahkota. Untuk mendapatkan rambut yang indah dan sehat, setiap orang akan melakukan banyak perawatan. Bahkan, tak sedikit yang rela mengeluarkan banyak dana untuk perawatan rambutnya.

Karena tak semua orang memiliki budget yang cukup untuk melakukan perawatan rambut secara profesional, cara perawatan rambut yang mudah dan murah di bawah ini dapat menjadi solusinya.

Pilihan sampo yang tepat

Sebagai pembersih rambut, sampo memang tak bisa dilepaskan penggunaannya. Terlebih bagi Anda yang sering menggunakan aneka produk tambahan untuk rambut, seperti hairspray atau minyak rambut, keramas dengan sampo menjadi agenda wajib agar rambut tidak sampai lepek. Namun begitu, Anda harus menyesuaikan jenis sampo dengan jenis kulit kepala Anda, supaya tidak sampai membuat rambut rusak.

Perawatan trim

Lakukan pemotongan bagian bawah rambut Anda saat merasa panjang dan ingin memotongnya. Langkah ini untuk  menghindari rambut yang bercabang. Jika dibiarkan rambut yang bercabang akan bermuara ke kerusakan rambut.

Pencucian rambut

Seringlah mencuci rambut Anda agar tidak sampai kering dan kusam. Yang perlu diingat, mencuci rambut tidak harus selalu dengan menggunakan sampo. Anda cukup menggunakan air biasa hingga rambut terbasahi secara keseluruhan. Sering mencuci rambut dapat mengurangi produksi minyak alami rambut yang berlebihan, sehingga rawan membuat rambut Anda kusam.

Jauhi sinar matahari langsung

Sinar matahari di pagi hari memang sangat baik untuk menunjang nutrisi yang ada dalam tubuh. Namun, jika sampai berlebihan dan sering terpapar akan membuat rambut Anda kering dan rusak. Apalagi sinar matahari siang hari yang cukup terik. Untuk menghindarinya, Anda dapat menggunakan topi atau bila tidak terlalu penting sebaiknya berada dalam ruangan dulu.

Kelengkapan nutrisi

Selain upaya perawatan dari luar, Anda juga perlu melakukan perawatan dari dalam. Salah satunya dengan makan makanan yang banyak mengandung nutrisi, utamanya untuk menunjang kesehatan rambut. Anda dapat mengonsumsi ikan dan kacang-kacangan yang sangat baik untuk pertumbuhan rambut.

Itulah langkah muda mendapatkan rambut yang sehat dengan cara yang mudah. Jadi, langsung diaplikasikan ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait