vote

Kolesterol Tinggi, Penyebab Stroke & Serangan Jantung

Gaya hidup yang tidak baik, ditambah dengan konsumsi makanan yang kurang sehat bisa meningkatkan tingkat kolesterol di dalam tubuh. Kolesterol yang berlebihan di dalam tubuh menjadi penyebab banyak penyakit berbahaya.

  • Rate Artikel ini

Gaya hidup yang tidak baik, ditambah dengan konsumsi makanan yang kurang sehat bisa meningkatkan tingkat kolesterol di dalam tubuh. Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh, namun bila kadarnya berlebihan bisa membuat organ-organ tubuh tidak berfungsi dengan baik. Kolesterol yang buruk untuk tubuh ini disebut Low-density lipoprotein (LDL). LDL membentuk lapisan di dinding-dinding pembuluh darah, menyebabkan pembuluh darah menjadi sempit dan sel-sel darah sulit mengalir.

Karena itu, sangat penting untuk mencegah kolesterol meningkat agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Kolesterol yang berlebihan di dalam tubuh menjadi penyebab banyak penyakit berbahaya. Berikut adalah beberapa penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.

Penyakit Jantung Koroner

Salah satu penyakit yang sangat berkaitan dengan kolesterol tinggi adalah penyakit jantung koroner. Tingginya tingkat kolesterol dalam tubuh juga meningkatkan resiko serangan jantung. Jumlah kolesterol yang tinggi bisa membuat pembuluh darah menjadi keras dan sempit, memperlambat aliran darah ke jantung. Akibatnya, terjadilah serangan jantung saat pembuluh darah benar-benar tersumbat. Karena itu sangat penting untuk mencegah kolesterol berlebih dalam tubuh dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat serta berolahraga, untuk menjaga diri dari penyakit ini.

Stroke

Seperti juga penyakit jantung, stroke bisa terjadi karena terganggunya aliran darah. Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh menyempitkan pembuluh darah, sehingga darah yang membawa oksigen dan nutrisi tidak bisa mengalir ke otak. Saat otak tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkannya tersebut, stroke pun terjadi dan dapat berakibat fatal. Agar hal ini tidak terjadi, hindari mengkonsumsi makanan yang bisa memicu tekanan darah tinggi dan penyumbatan pembuluh darah.

Darah Tinggi

Mencegah kolesterol juga berarti mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi). Saat pembuluh darah menyempit akibat plak-plak kolesterol, jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah. Akibatnya, tekanan darah pun menjadi semakin tinggi, dan bisa terjadi komplikasi ke penyakit-penyakit lainnya. Olahraga teratur serta mengkonsumsi buah-buahan dan kacang-kacangan yang rendah kalori dan kolesterol serta tinggi serta bisa menghindari penyakit darah tinggi.

Artikel Terkait

Terbaru