@shutterstock

Konsumsi Gula Harian Untuk Wanita

Gula lagi gula lagi, seakan tiada hari tanpa gula. Jika diamati mulai menu sarapan hingga makan malam tak lepas dari gula yang ditambahkan dalam masakan. Walau Anda tak menyajikan hidangan utama dengan rasa yang manis, tetapi dessert yang Anda makan selalu berwujud makanan manis. Lebih-lebih jika wanita yang menikmatinya, makanan manis tentu akan menjadi idola.

Selain anak-anak, wanita memang diidentikkan sebagai orang yang suka makanan manis. Hal ini dapat dilihat dari kegemaran memakan cokelat susu, es krim, gulali hingga kue yang memiliki rasa teramat manis. Jika ditinjau dari segi kesehatan, tentu saja sajian tersebut kurang baik bagi tubuh. Sementara bila dikalkulasikan, rata-rata wanita mengonsumsi gula sebanyak 22 sendok teh gula per hari. Menurut American Heart Association, jumlah ini setara dengan 335 kalori.

Jumlah asupan sebanyak ini akan membuat gula darah cepat menjadi naik. Bahkan, lebih buruknya lagi banyak wanita yang tidak menyadari bahwa dirinya masuk dalam tahap pra diabetes. Maka dari itu, diperlukan kesadaran untuk mengurangi asupan gula ini dengan segera. Sementara itu, kemampuan tubuh dalam menguraikan gula dalam tubuh juga bergantung sesuai usia dan jenis kelaminnya.

Untuk wanita yang berusia 19 sampai 30 tahun, tubuh dapat menguraikan sumber gula hingga 265 kalori. Jumlah ini didasarkan pada kebutuhan kalori harian sebanyak 2000 kalori. Jika Anda termasuk wanita yang sangat sibuk, maka kebutuhan kalori harian Anda sebanyak 2400 kalori. Dari jumlah ini tubuh mampu menguraikan gula sebanyak 360 kalori per hari.

Selanjutnya, bagi wanita yang berusia 31 sampai 50 tahun memerlukan kalori harian sebanyak 1800 kalori. Hal ini seiring dengan menurunnya aktivitas fisik pada tubuh wanita. Berdasarkan kalori tersebut tubuh masih mampu menguraikan zat gula dalam tubuh sebanyak 195 kalori. Hasil proses penguraian gula ini akan diubah menjadi energi untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Sedangkan bila kandungan gulanya berlebihan, tubuh tak sanggup menguraikannya sampai habis. Imbasnya, pasokan gula darah pun akan meningkat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait