Kontrol Kadar Gula Darah Lewat Makanan

Walaupun dalam tubuh manusia terdapat hormon yang mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Namun, makanan juga memiliki peranan penting dalam mengontrol kadar gula agar tetap stabil. Nah, berikut ini adalah makanan yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Bawang putih

Kandungan bahan-bahan aktif seperti Alil Propil Disulfida (APDS) dan Diallyldisul-phide oksida (allicin) yang terdapat pada bawang putih dapat merangsang pankreas melepaskan insulin. Sehingga, kadar gula darah dalam tubuh bisa berangsur turun.

Sebuah jurnal pada tahun 2013, Canadian Journal of Physiology and Pharmacology, memaparkan bahwa bawang putih tidak hanya efektif untuk menurunkan kadar gula darah namun juga menurunkan kolesterol, tekanan darah dan mengurangi risiko jantung. 

Biji-bijian

Kandungan karbohidrat dalam olahan biji-bijian dapat mencegah lonjakan kadar gula darah dalam tubuh. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi 3-5 porsi biji-bijian per hari agar kadar gula darah selalu pada angka normal. Terutama konsumsi biji gandum yang kaya akan beta glukan.

Kayu manis

Bahan aktif yang terdapat pada kayu manis methylhydroxy-chalcone polimer meniru efek kerja insulin untuk menyerap kadar gula yang berlebihan dalam darah.

Ikan

Salmon dan tuna adalah ikan yang kaya akan omega-3 yang mampu meningkatkan resistensi insulin. Dengan mengonsumsi salmon dan tuna tidak hanya dapat menormalkan kadar gula darah, tapi juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan peradangan.

Cabai

Penelitian di Australia dalam Journal of Clinical Nutrition mengemukakan bahwa cabai yang mengandung antioksidan, vitamin C dan karotenoid dapat membantu meningkatkan regulasi insulin.

Itulah daftar beberapa makanan yang dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh. Jadi, selalu berhati-hati dengan makanan yang Anda konsumsi ya. Semoga bermanfaat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait